Banjarnegara (Antara) - Sebanyak delapan grup musik jazz bakal memeriahkan pergelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2013 pada 29-30 Juni di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Sebenarnya ada 20 grup musik yang ingin berpartisipasi dalam pertunjukan yang bertajuk 'Jazz di Atas Awan' saat pergelaran DCF 2013," kata Supervisor DCF 2013, Budhi Hermanto, di Banjarnegara, Kamis.

Oleh karena keterbatasan waktu, kata dia, panitia memutuskan hanya delapan grup yang tampil dalam pergelaran itu, yakni Sekawan Band dari Salatiga, Chikenjiezz (Banjarnegara), Dawai The Ethnic (Bandung), Nalaswara (Purwokerto), Teles Klebues (Banjarnegara), Harmony Bles (Purwokerto), dan JFU Band (Semarang).

Bahkan, kata dia, sebuah grup musik jazz dadakan yang dimainkan pemuda Dieng juga bakal tampil dalam pergelaran itu.

Menurut dia, pergelaran "Jazz di Atas Awan" merupakan kegiatan kecil guna memeriahkan DCF 2013.

Selain itu, lanjut dia, ajang ini juga sebagai ruang apresiasi terhadap komunitas jazz yang terdiri dari musisi-musisi muda dari wilayah Banjarnegara dan sekitarnya.

"Ini bukan jazz 'mainstream', dan kami tidak tergoda untuk menjadikannya elitis dan mahal," katanya.

Ia mengatakan bahwa "Jazz di Atas Awan" digarap secara gotong royong dan sukarela, sehingga semua orang bebas untuk menyaksikannya.

Pergelaran DCF 2013 pada 29-30 Juni diisi dengan berbagai acara seni dan budaya, salah satunya ruwatan massal anak-anak berambut gimbal yang merupakan acara inti dari kegiatan tersebut. (Antara)

Pewarta: Oleh Sumarwoto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013