Madrid,  (Antara/AFP) - Athletic Bilbao telah menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih baru mereka, klub Liga Spanyol itu mengumumkannya pada Kamis (Jumat WIB).

        Valverde (49) menggantikan Marcelo Bielsa setelah klub memilih untuk tidak memperbarui kontrak pria Argentina itu menyusul musim yang mengecewakan, di mana klub asal Basque itu hanya finis di peringkat ke-12 di liga.

        "Athletic Bilbao dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan bagi dia untuk menjadi pelatih tim pertama," demikian bunyi pernyataan di situs resmi klub, menambahkan bahwa Valverde akan secara resmi diperkenalkan pada pukul 10.30 GMT pada Jumat pagi.

        Valverde, yang melatih Valencia pada Desember, meninggalkan Mestalla pada akhir musim setelah melihat klub asuhannya gagal bersaing dengan Real Sociedad untuk merebut satu tiket Liga Champions musim depan pada hari terakhir musim.

        Pria Spanyol ini memulai karir kepelatihannya di Bilbao, yang ia latih antara 2003 sampai 2005, setelah juga menghabiskan enam tahun di sana sebagai pemain sebelum pindah ke Espanyol, yang ia bawa ke final Piala UEFA 2007 di mana mereka kalah adu penalti dari Sevilla.

        Ia juga sempat dua kali menangani tim Yunani Olympiakos, di mana ia memenangi tiga gelar liga di sana, serta melatih di Villarreal yang menjepit dua fase karirnya di Yunani.

      
Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013