Los Angeles (Antara/Reuters) - Jasad Gene Roddenberry, pencipta serial fiksi ilmiah televisi "Star Trek" akan melakukan perjalanan terakhirnya tahun depan, ditemani oleh Scotty.

Abu kremasi Roddenberry dan istrinya, Majel, bersama James Doohan pemeran Scotty si juru mesin pesawat luar angkasa dalam serial asli "Star Trek" era 1960-an, akan diluncurkan ke luar angkasa pada November 2014 oleh perusahaan pemakaman luar angkasa Celestis.

Mereka akan menjadi bagian dari kargo berisi abu kremasi lain, pesan-pesan tertulis serta sampel DNA dalam kapsul yang dikirim masyarakat awam, kata Celestis dalam pernyataannya, Kamis.

"Yang menarik di sini adalah sebuah fiksi ilmiah menjadi kenyataan," kata juru bicara Celestis Pazia Schonfeld.

Pesan-pesan dan abu kremasi tersebut akan ditempatkan pada sebuah pesawat luar angkasa yang disebut kapal solar, digerakkan dengan tenaga matahari, tahan suhu tinggi, serta diarahkan menuju orbit sekitar matahari, kata Celestis.

Perjalanan kapal solar tersebut akan ditangkap oleh kamera yang dipasang dalam pesawat dan disiarkan langsung dalam talian.

Penerbangan ini bukanlah perjalanan ke ruang angkasa yang pertama untuk jasad Roddenberry yang meninggal Oktober 1991 pada usia 70 tahun, dan Doohan yang berusia 85 tahun saat meninggal pada 2005.

Jasad Roddenberry ikut dalam penerbangan perdana Celestis pada 1997 dan kembali ke bumi. Sementara sebuah guci berisi abu kremasi Doohan diterbangkan ke luar angkasa pada 2012.

Masyarakat juga diundang untuk bergabung dengan Roddenberry dan Doohan dalam Sunjammer Voyager Mission Celestis, dengan mendaftarkan nama serta contoh pesan atau tulisan dengan tarif tertentu.

Tarif pengiriman abu kremasi ke luar angkasa dipatok paling murah 12.500 dolar AS.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013