Bandarlampung (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Lampung memprakirakan mulai Senin hingga Selasa (25/6) pagi kondisi cuaca buruk di perairan Lampung dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Lampung, Rintiana, di Bandarlampung, Senin, memprediksi tinggi gelombang di wilayah perairan pantai barat Lampung dan Samudra Hindia barat Lampung mencapai 2,5--3,0 meter.

Ia mengatakan bahwa keadaan cuaca di wilayah perairan Lampung diperkirakan berawan.

Angin di atas wilayah perairan Indonesia di utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari tenggara sampai barat dan di selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah tenggara sampai barat daya, dengan kecepatan angin berkisar antara 3--30 knot.

Prakiraan cuaca dan gelombang laut di perairan Lampung itu berlaku dari tanggal 24 Mei pukul 07.00 WIB sampai dengan 26 Mei 2013 pukul 07.00 WIB.

Cuaca di perairan Pantai timur Lampung, angin berembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan 5--10 knot, cuaca berawan, tinggi gelombang laut antara 0,5--0,75 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum 0,75--1,25 meter.

Kondisi cuaca di perairan Pantai barat Lampung, angin berembus dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5--15 knot, kondisi berawan, tinggi gelombang laut antara 1,25--2,0 meter, prakiraan tinggi gelombang maksimum 2,0--2,5 meter.

Cuaca di perairan Samudra Hindia barat Lampung, angin berembus dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 5--15 knot, kondisi berawan, tinggi gelombang laut antara 1,25--2,0 meter, dan prakiraan tinggi gelombang laut maksimum berkisar 2,5--3,0 meter.

Sementara cuaca di Selat Sunda bagian utara (Merak-Bakauheni) ditandai angin yang berembus dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5--10 knot, kondisi berawan, tinggi gelombang laut antara 0,5-1,5 meter, prakiraan tinggi gelombang maksimum mencapai 1,5--2,0 meter.

Pada perairan Selat Sunda bagian selatan, angin berembus dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5--10 knot, kondisi berawan, tinggi gelombang laut antara 0,75--2,0 meter, dan prakiraan tinggi gelombang laut maksimum mencapai 2,0--2,5 meter. (Antara)

Pewarta: Oleh Agus Wira Sukarta

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013