Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan pemantauan penyaluran bantuan COVID-19 dari Kementerian Sosial yang diterima masyarakat daerah itu.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan bantuan COVID-19 yang berasal dari Kementerian Sosial yang diterima masyarakat Rejang Lebong saat ini hanya tinggal Bantuan Sosial Tunai (BST) saja.

"Kita hanya melakukan pemantauan saja, sedangkan untuk penyaluran BST ini dilakukan melalui kantor pos," kata dia.

Dia mengatakan, bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dari Kemensos yang disalurkan dalam program BST tersebut saat ini sudah memasuki tahapan 11 sejak diluncurkan April 2020 lalu dan berlangsung hingga April 2021 nanti, di mana besaran yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan Rp300 ribu.

Sedangkan untuk program bantuan beras yang sebelumnya diberikan kepada penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) masing-masing 15 kg per bulan untuk tiga bulan berjalan dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mendapat uang Rp500 ribu per KPM pada tahun lalu saat ini tidak ada lagi.

"Kalau bantuan untuk warga terdampak penyebaran COVID-19 yang bersumber dari dana APBD Rejang Lebong tidak ada lagi, terakhir tahun 2020 kemarin, saat ini kita fokus kepada penanganan permasalahan sosial saja," terangnya.

Sementara itu, jumlah penerima BST tahap ke 11 yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong tambah dia saat ini mencapai 9.797 KPM, di mana dari jumlah itu masih ada 347 KPM yang dana BST nya belum bisa dicairkan mengalami kendala NIK sehingga harus dilakukan verifikasi dan validasi atau verval ulang.

Dia mengatakan, kalangan masyarakat yang sudah terdata sebagai penerima BST namun belum bisa mencairkannya ini sudah mereka laporkan ke kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil daerah itu karena bermasalah dengan data NIK yang invalid. jika sudah dilakukan  maka datanya dikirimkan ke Kementerian Sosial.

Kalangan penerima BST ini, kata dia, mencairkan bantuannya di empat kantor yang ada di Rejang Lebong yakni di Kantor Pos Curup di Kecamatan Curup, Kantor Pos Belitar di Kecamatan Sindang Kelingi, Kantor Pos Samberejo di Kecamatan Selupu Rejang dan Kantor Pos Karang Anyar di Kecamatan Bermani Ulu Raya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021