Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Syamsul Effendi menyatakan pengembangan tanaman bawang merah di daerah itu bisa tumbuh dengan baik dengan hasil cukup menjanjikan.

"Potensi pengembangan tanaman bawang merah ini cukup bagus. Apalagi untuk topografi di wilayah Lembak ini sangat memungkinkan, karena suhunya sedikit lebih panas dibandingkan di Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup," kata Bupati Syamsul Effendi usai melakukan panen perdana bawang merah di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Senin.

Dia mengatakan, pengembangan tanaman bawang merah di Desa Belitar Seberang ini dilakukan diatas lahan seluas 15 hektare milik 10 kelompok tani, di mana yang sudah panen seluas 1,5 hektare.

Budidaya tanaman itu sendiri kata dia, dapat tumbuh subur di daerah yang kondisi curah hujannya tidak terlalu tinggi dan nampaknya cocok dikembangkan di wilayah Lembak yang meliputi tujuh kecamatan yakni Sindang Kelingi, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Kota Padang dan Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Untuk mengembangkan tanaman ini pihaknya masih kesulitan dalam pengadaan bibitnya, sehingga diharapkan ada anggaran khusus terutama sumber dana dari pusat yang disalurkan melalui Kementerian Pertanian dan lainnya.

"Seperti kita ketahui, diatas Selupu Rejang ini terkenal dengan namanya agropolitan artinya itu sangat luar biasa ditanam sayur-sayuran. Dengan tanaman bawang merah ini, paling tidak bervariasi dengan adanya varietas lainnya yang juga bisa menjanjikan dan membuat stabilnya harga," terang dia.

Sektor pertanian tambah dia, merupakan salah satu program unggulan dirinya bersama dengan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah walaupun lahan milik pemerintah sangat terbatas namun bisa dikembangkan diatas lahan milik pribadi masyarakat sehingga harus didukung secara penuh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong Suherman menyatakan panen raya bawang merah di Desa Belitar Seberang tersebut merupakan kegiatan bantuan Kementerian Pertanian pada 2020 lalu yang bersumber dari dana APBN yang direlokasi, di mana Kabupaten Rejang Lebong masuk peringkat 5 terbaik relokasi bawang merah nasional.

"Produksi bawang merah yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Karomah yang dilakukan panen raya hari ini cukup bagus. Hasil panennya 1 berbanding 13 dari bibit yang ditanam," kata Suherman.***1***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021