Padang (Antara)- Penampilan qori internasional Said Agil Almunawar turut memeriahkan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional XIII yang digelar di Gelanggang Olahraga Agus Salim Padang, Jumat malam.

Said Agil yang merupakan mantan Menteri Agama tersebut unjuk kebolehan membacakan tilawah Al Quran berdua dengan Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya Palembang Anif Saggaff dengan lantunan yang khusyuk dan memukau hadirin.

Said Agil yang juga ketua dewan hakim MTQ Mahasiswa Nasional XIII dengan tenang melantunkan ayat suci Al Quran sebagai pembuka acara, membuat hadirin yang hadir menghayati merdunya lantunan ayat suci tersebut.

Menariknya, Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya Anif Saggaff pada pelaksanaan MTQ Nasional XIII yang digelar di Padang tahun 1983 juga merupakan salah seorang pemenang pada kategori tilawah pada saat itu.

Pada 30 tahun berlalu , Anif kembali membacakan Tilawah Al Quran di tempat yang sama namun dalam kapasitas sebagai pembantu rektor I Universitas Sriwijaya.

Selain penampilan Said Agil, pada acara penutupan juga dimeriahkan oleh sejumlah aktrasi seni oleh Universitas Negeri Padang dan siswa SMA setempat.

Sekitar 1.000 penari tradisional memukau hadirin dengan menampilkan tarian masal antara lain tari Tudung Saji dan Tari Indang.

Penampilan tersebut semakin meriah dengan aktraksi sinar laser dan diiringi pandung orkestra dari Universitas Negeri Padang.

Pada MTQ Mahasiswa Nasional XIII Universitas Negeri Malang berhasil meraih juara umum  diikuti oleh Universitas Sumatera Utara dengan 15 poin , dan peringkat ketiga Universitas Negeri Padang dengan 11 poin.

Berikutnya, peringkat empat diperoleh oleh Universitas Muslim Indonesia dengan 11 poin, peringkat lima Universitas Syiahkuala Aceh dengan 11 poin dan pada peringkat enam Universitas Negeri Medan dengan sembilam poin.

Selanjutnya peringkat delapan  diraih oleh Universitas Riau dengan lima poin, peringkat sembilan  Universitas Patimura dengan lima poin dan peringkat 10  Universitas Tanjung Pura dengan lima poin.

Sementara, cabang Tilawatil Quran terbaik I putra di raih oleh Salman Amrilah dari Universitas Islam Nusantara Bandung dan putri diperoleh oleh Sofiatul Mina dari Universitas Negeri Malang.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013