Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Harga berbagai jenis beras pada tingkat pedagang pengecer di Kota Bengkulu, Bengkulu pada awal pekan ini masih stabil, setelah sebelumnya sempat terjadi kenaikan tipis, terutama beras jenis super.

Kabid Perdagangan Dinas perdagangan Kota Bengkulu Rahman, Senin, mengatakan, harga beras di daerah itu pekan ini rata-rata stabil, meskipun ada beras super sebelumnya naik, sedangkan beras jenis medium dan lokal turun dan stok cukup.

Pasokan beras dari provinsi tetangga mulai kembali lancar, sedangkan beras lokal berkurang akibat banyak gagal panen selama musim kemarau belum lama ini.

Meskipun demikian harga beras lokal dan jenis medium sebelumnya terjadi turun, sedangkan pemerintah sudah membagikan beras bagi warga miskin (raskin).

Dengan demikian warga tidak terfokus untuk menyerbu pasar dalam mendapatkan beras kebutuhan keluarga, kalau sebelumnya mereka punya stok dari hasil panen cukup minim.

Harga beras lokal dan beras medium (Ir64) dari Lampung dijual pedagang pengecer tetap Rp7.100, jenis super merk paten juga stabil Rp10.250 dari sebelumnya naik dari Rp9.800 per kilogram.

Seorang pedagang beras di kawasan Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu Indro mengakui, harga beras didatangkan dari Lampung dan provinsi tetangga itu ada kenaikan demikian juga beras lokal.

Sedangkan harga gabah kering giling stabil Rp3.800 per kilogram gabah kering giling (GKG) setelah sebelumnya naik.(Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012