Bengkulu (Antara Bengkulu) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu mulai mempersiapkan agenda Festival Pesisir yang akan digelar pada September 2013.

"Sejumlah persiapan mulai dirancang, kami ingin festival ini lebih sukses dari `Festival Bumi Raflesia` yang digelar Juni 2013," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Hasanudin di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa sejumlah kegiatan yang dirancang untuk Festival Pesisir atau "Rafflesia Beach Festival" yakni berbagai lomba bidang olahraga pantai, seperti surfing atau selancar dan voli pantai.

Selain itu, juga akan digelar juga lomba kuliner berbahan hasil laut yang melibatkan pemerintah daerah kabupaten dan kota.

Pada festival ini, kata dia, juga digelar pemilihan Bujang Gadis Bengkulu dan pemilihan Putri Pesisir yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Momen ini juga disandingkan dengan "Kemilau Sumatra" dimana seluruh pesertanya dari provinsi yang ada di Pulau Sumatra," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pada 2013 terdapat tiga agenda wisata bertaraf nasional yang digelar Dinas Pariwisata Bengkulu untuk menarik wisatawan ke daerah itu.

Selain Festival Bumi Raflesia yang digelar akhir Juni 2013, Festival Pesisir pada September, juga akan digelar Festival Tabot pada November 2013.

"Festival Tabot merupakan festival tahunan yang sudah membudaya di Bengkulu, dirayakan untuk menyambut 1 Muharram," ujarnya.

Ketiga agenda berskala nasional itu diharapkan mampu mengangkat objek-objek wisata andalan Provinsi Bengkulu baik wisata alam, sejarah maupun budaya.

Promosi penyelenggaraan tiga agenda tersebut menurutnya juga sudah optimal sehingga diharapkan mampu menarik wisatawan ke daerah itu.

"Kami targetkan tahun ini ada 5.000 wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Bengkulu," kata Hasanudin menjelaskan. (Antara)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013