Jayapura (Antara Bengkulu) - Pelatih tim nasional, Jacksen F Tiago, memperkirakan klub Liga Utama Inggris, Arsenal, bakal menyuguhkan permainan yang lebih atraktif dibandingkan timnas Belanda tatkala berhadapan dengan Indonesia.

'"Kalau saya secara pribadi, Arsenal akan bermain lebih bagus dari timnas Belanda. Alasannya mereka tim yang latihan rutin setiap hari sehingga pasti kompak dari pada nasional tim yang jarang bertemu dan bermain bersama," kata Jacksen di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan bahwa tim nasional hanya berkumpul beberapa hari, latihan dan langsung bermain. "Itulah bedanya," katanya.

Menurut pelatih yang mengawal karir sebagai pemain sepak bola profesional di liga Indonesia era 1990-an itu, aya permainan klub Arsenal sangat bagus dan lebih banyak memainkan bola dari kaki ke kaki, bukan seperti timnas Inggris era West Brown bermain.

"Salah jika mengira Arsenal bermain lebih banyak bola-bola panjang. Mereka akan bermain bola dari kaki ke kaki, jangan samakan dengan Inggris. Inggris zaman dulu bolehlah kalau West Brown dan kawan-kawan itu begitu," katanya.

Untuk itu, Jacksen yang semasa menjadi pemain pernah merumput di klub Petrokimia Gresik dan PSM Makasar menegaskan bahwa dirinya telah memanggil sejumlah pemain untuk melawan Arsenal yang disesuaikan dengan sistem dan skema tim, terutama persiapan lawan Cina pada Oktober.

"Kali ini juga sama, nama-nama yang saya sebut tepat dengan nama-nama pemain yang akan disiapkan untuk lawan Cina nanti. Makanya mungkin Arsenal itu lawan yang luar biasa tapi intinya nanti untuk persiapan lawan Cina," katanya.

"Saya tidak punya waktu yang sama seperti di Persipura tapi hanya ada kesempatan seperti ini yang saya bisa gunakan dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menemukan pemain sesuai dengan yang saya rencanakan," sambungnya.

Jacksen juga mengakui, melawan tim Arsenal merupakan pengalaman berharga baginya dan pemain yang akan diturunkan saat pertandingan persahabatan pada 14 Juli mendatang.

Seperti diberitakan media lokal dan nasional beberapa hari lalu, Ketua BTN La Nyala Matalitti telah merilis daftar 24 pemain yang dipersiapkan untuk melawan Arsenal di Stadion Bung Karno dalam laga persahabatan 14 Juli. Dari 24 nama tersebut, ada sejumlah muka baru dan mula lama yang pernah bersua melawan timnas Belanda.

Informasi yang didapatkan Antara, laga persabahatan melawan Arsenal bukan memakai nama timas Indonesia tetapi memakai nama "Indonesia Eleven" dan rencananya laga tersebut akan disiarkan secara langsung oleh salah satu TV swasta nasional.

Pelatih Jacksen F Tiago juga tetap membawa sejumlah pemain andalannya dari Persipura Jayapura yakni Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, Yustinus Pae, Ian Loius Kabes dan top skor sementara serta kapten tim Boas Salossa.(Antara)

Pewarta: Oleh Alfian Rumagit

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013