Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sampai sekarang sedikitnya 84 orang tenaga kesehatan di daerah ini belum menerima penyuntikan vaksin COVID-19 tahap II karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.

“Sebanyak 84 nakes ini ditunda atau belum menerima vaksin COVID-19 dosis II karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan. Pemberian vaksin kepada nakes ini menunggu kondisinya pulih,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko menyebutkan sampai saat ini jumlah tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 tahap I sebanyak 881 orang atau sekitar 91,29 persen.

Ia menyebutkan sebanyak 881 orang tenaga kesehatan di daerah ini yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 tahap I dari sebanyak 965 nakes yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis I.

Ia menyatakan penyuntikan vaksin COVID-19 tahap satu bagi tenaga kesehatan atau nakes di daerah ini tetap berlanjut meskipun vaksinasi tahap II untuk petugas pelayanan publik sudah mulai berjalan.

Meskipun nakes ini belum menerima vaksinasi dosis I dan dosis II, tetapi nakes dimaksud tetap menerima vaksinasi COVID-19 tahap satu pada saat pelaksanaan vaksinasi tahap dua.

Ia menjelaskan, masih ada tenaga kesehatan di daerah ini yang belum menerima vaksinasi dosis I karena nakes ini mengalami berbagai penyakit dan ada juga nakes sedang hamil.

“Mereka ini ditunda menerima vaksinasi baik dosis I maupun dosis II, mereka menerima penyunyiokan vaksinasi COVID-19 setelah kondisi kesehatannya benar-benar sudah pulih,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 1.390 orang tenaga kesehatan di daerah ini yang menjadi sasaran vaksinasi di Mukomuko, sebanyak 1.438 orang atau 103,45 persen yang sudah melakukan registrasi, demikian Bustam Bustomo.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021