Mukomuko (Antara Bengkulu) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukjomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini mengusulkan kepada Perusahaan Umum Damri perwakilan Bengkulu tambahan satu bus perintis khusus melayani transportasi darat dalam wilayah kota kabupaten itu.

"Kalau bus perintis yang melayani perjalanan darat rute Mukomuko - Bengkulu sudah ada dua unit. Yang belum ada di itu angkutan umum dalam kabupaten. jangkauannya mulai dari Kecamatan Ipuh - Lubuk Pinang dengan jarak tempuh 130 Km," kata Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika Kabupaten Mukomuko, Aman Setiawan, di Mukomuko, Sabtu.

Ia menjelaskan, bus perintis yang diusulkan tersebut sama kapasitas muatannya dengan bus yang melayani perjalanan darat Mukomuko - Kota Bengkulu, sebanyak 20 tempat duduk.

Sehingga, lanjutnya, keberadaan bus perintis itu dapat melayani lebih banyak penumpang dari dan luar kecamatan terjauh di daerah itu.

"Kalau dulu ada mobil pick up dengan kapasitas penumpang sekitar 10 orang tetapi sekarang mobil itu banyak yang tidak beroperasi lagi sehingga transportasi darat dari dan menuju kota kabupaten menjadi terhenti," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, pengusaha termasuk orang yang punya modal di daerah itu kurang tertarik dengan bisnis transportasi darat mereka justru lebih memiliki berkebun sawit.

Ia berjanji, jika jadi daerah itu dibantu satu bus perintis oleh Perum Damri Perwakilan Bengkulu, maka seluruh biaya operasional awal sampai gaji supir diusulkan dalam APBD setempat.

"Kalau dari awal dana operasionalnya dari pemerintah setempat, setelah penumpang ramai maka bus itu dapat berdiri sendiri dengan memperoleh keuntungan dari usahanya," ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013