Yogyakarta (Antara Bengkulu) - Taman Burung Gembira Loka Zoo Yogyakarta siap dibuka untuk menyambut pengunjung pada libur Lebaran 2013, kata Direktur Utama GLZoo KMT A Tirtodiprojo.

"Saat ini kami akan melengkapi taman burung ini dengan koleksi penguin dan burung flamingo. Namun, sampai sekarang kiriman dari luar negeri belum tiba di GL Zoo. Kami masih menunggu datangnya burung penguin dari Singapura, dan juga flamingo. Yang pasti, Taman Burung GLZoo sudah siap dinikmati pengunjung pada Lebaran nanti," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, menjelang dioperasikannya Taman Burung Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta, para perawat atau petugas taman burung setempat sedang mengupayakan agar ratusan burung lory di sangkar interaksi bisa jinak dengan manusia.

Dengan demikian, kata dia, burung-burung jenis paruh bengkok berbulu menarik itu nanti siap berinteraksi dengan pengunjung.

"Mereka melatih burung-burung berwarna cerah tersebut dengan  memberi makan sejenis bubur yang ditaruh di mangkuk. Di sangkar burung seluas 12 X 8 meter ini nanti, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung-burung cantik itu," katanya.

Ia mengatakan taman burung yang dibangun pada lahan seluas 4.500 meter persegi itu, menelan dana sebesar Rp3,5 miliar. Selain kandang burung untuk interaksi, juga ada kandang burung lain berbentuk dome atau kubah besar yang sudah dihuni burung-burung lokal bermacam jenis.

Sedangkan di kolam berlatar bangunan gua, dilepas sejumlah bebek mandarin. Kemudian di kandang berkaca diperuntukkan bagi burung pecuk atau komaran. Burung yang pandai menyelam untuk mencari ikan ini, memang habitatnya lebih sering berkeliaran di sekitar pantai.    

"Nantinya, di samping kandang komaran, ditempatkan kandang berkaca yang sepenuhnya ber-AC untuk koleksi burung penguin," katanya.

Kabid Rekreasi GLZoo Yogyakarta Hery Dharma Setiawan mengatakan menjelang Lebaran nanti dimanfaatkan oleh GLZoo untuk bersolek.

Bermacam fasilitas permainan yaitu becak air, skuter air, "speedboat", ATV, termasuk transpor keliling (Taring) dicat ulang. Sehingga, pada Lebaran nanti diharapkan siap menyambut pengunjung yang akan memanfaatkan fasilitas permainan tersebut.

"Diharapkan satu minggu sebelum Lebaran pengecatan ulang fasilitas permainan ini sudah rampung. Sehingga, para karyawan wahana punya waktu menghimpun tenaga untuk melayani pengunjung GLZoo yang dipastikan akan membludak," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013