Bengkulu (Antara) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) akan mengoptimalkan 26 anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengakomodasi kebutuhan uang tunai masyarakat selama libur hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Selama liburan kami jamin 26 ATM yang ada di seluruh Bengkulu kas ATM-nya tidak akan kosong," kata Branch Manager Bank BNI Cabang Bengkulu Agus Haedar Usman, Di Bengkulu, Minggu.

Dia mengatakan telah menyiapkan stok uang tunai guna kelancaran penarikan uang oleh masyarakat di semua mesin ATM Bank BNI di Bengkulu.

"Masyarakat tidak perlu cemas karena ketersediaan uang tunai selama libur lebaran itu sangat cukup. Walaupun kebutuhan uang tunai kami perkirakan meningkat, akan terakomodasi," kata dia

Uang tunai yang sudah disiapkan untuk seluruh ATM Bank BNI di Provinsi Bengkulu, kata dia, jumlahnya sekitar Rp50 miliar. Masyarakat dapat menarik uang dengan nominal pecahan Rp50.000-an dan Rp100.000-an.

"Kami sediakan dua nominal, dan masyarakat bisa mengaksesnya di tempat-tempat strategis terdekat," kata Agus.

Selain itu, masyarakat yang tidak mengantongi uang tunai, menurut dia, juga bisa menggunakan ATM mereka untuk berbelanja di tempat yang bertanda khusus.

Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, Agus mengatakan, pada saat libur lebaran pihaknya tetap menyiagakan teknisi ATM.

"Walaupun libur, teknisi kami tetap bekerja untuk mengantisipasi kendala-kendala ATM seperti penambahan uang kas, serta perawatan jaringan jika terjadi gangguan yang menyebabkan masyarakat tidak dapat menarik uangnya," kata dia.

Semantara itu, mengenai penukaran uang selama tiga minggu terakhir, dia mengatakan, transaksi di Bank BNI itu mencapai tiga miliar rupiah.

"Sebanyak Rp1,2 miliar merupakan penukaran uang kecil oleh masyarakat untuk keperluan lebaran, sedangkan sisanya penukaran uang antarbank," kata dia.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013