Jakarta, (Antara) - Ganda campuran terbaik Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah ke putaran ketiga Kejuaraan Dunia 2013 setelah menaklukkan pasangan Malaysia Lim Yin Loo/Ong Jian Guo langsung dua game 21-14 21-11 di Tianhe Indoor Gymnasium Guangzhou, China, Selasa.

        Tontowi/Liliyana, unggulan ketiga itu di turnamen bergengsi tersebut masih terlalu tangguh bagi Yin Loo/Jian Guo. Pasangan Malaysia peringkat 28 dunia tersebut gagal membalas dua kali kekalahan mereka atas Tontowi/Liliyana.

        Sebelumnya, Tontowi/Liliyana melaju ke putaran kedua setelah  mendapat 'bye' di putaran pertama. Pasangan ini merupakan andalan Indonesia yang diharapkan bisa memboyong gelar juara di kejuaraan yang mempertemukan pemain-pemain terbaik dunia tersebut.

        Lewat kemenangan ini, Tontowi/Liliyana menyusul rekannya  Muhammad Rijal/Debby Susanto yang lebih dulu melaju ke putaran ketiga usai memenangi pertarungan sengit atas pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Miyuki Maeda lewat pertandingan ketat 10-21 21-17 21-11.

        Di putaran ketiga nanti, Tontowi/Liliyana berpeluang "perang saudara" dengan rekannya, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati jika Fran/Shendy yang menempati unggulan kesembilan itu berhasil menundukkan pasangan Hong Kong Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Hingga berita ini diturunkan, mereka masih belum bertanding.

        Pada pertandingan sebelumnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto yang juga mendapat "bye" pada babak pertama, harus berjuang selama hampir satu jam sebelum mengalahkan pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Miyuki Maeda.

        Setelah menyerah 10-21 pada game pertama, Rijal dan Debby yang menempati unggulan keenam bangkit untuk merebut game kedua dengan skor  21-17 untuk memaksa rubber-game.

         Pada game ketiga yang menentukan, Rijal/Debby unggul lebih dulu 2-0, tapi pasangan Jepang tersebut berhasil memberi perlawanan ketat sehingga terjadi skor imbang dari 2-2 sampai 6-6.

         Ganda campuran penghuni pelatnas Cipayung itu akhirnya melaju 19-9 dan merebut game ketiga dengan skor 21-11.

        Pada pertandingan babak ketiga, Rijal/Debby akan berhadapan dengan pasangan Taiwan  Ling Chen Hung/ Hsing Cheng Wen yang pada pertandingan lainnya menyingkirkan pasangan Inggris  Chris Adcock /Gabrielle White dengan dua game langsung 21-18, 21-16.

        Pada pertandingan sehari sebelumnya, Indonesia kehilangan dua tunggal putra Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro, sehingga menyisakan harapan kepada Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka.

Pewarta: Oleh Monalisa

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013