Jakarta (Antara Bengkulu) - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia Paragita meraih posisi kedua dalam kompetisi "Andrea O. Veneracion International Choir Festival" di Manila, Filipina, yang berlangsung 7-9 Agustus 2013.

"Ini merupakan buah perjuangan latihan kami selama empat bulan terakhir ini," ujar konduktor Paragita UI Agus Yuwono melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dalam kompetisi internasional itu Paragita UI merebut posisi kedua dengan mengalahkan dominasi kor tuan rumah pada kategori "Mixed Chamber Choir".

Paragita tampil dalam kompetisi tersebut membawakan lagu madrigal reinassance Piagn`e Sospira (Claudio Monteverdi), lagu era romantik Fruhlingsblick (Max Reger), lagu modern Kalejs Kala Debesis (Selga Mence), dan nomor wajib kompetisi Three Kalingga Chants (Nilo Alcala).

"Paragita UI memukau para juri yang berasal dari lima benua, serta para penonton di gedung pertunjukan berkapasitas 1.800 orang," ujar Agus Yuwono.

Sementara itu pada kompetisi tersebut paduan suara asal Singapura, One Chamber Choir keluar sebagai juara pertama, sedangkan pada urutan ketiga paduan suara asal Filipina, Kammerchor Manila menjadi satu-satunya koor lokal yang merebut posisi tiga besar.

Atas prestasinya di posisi kedua, Paragita UI berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai 3.500 dolar AS, beserta penghargaan dari Central Cultural of Phillippines (Pusat Kebudayaan Filipina, lembaga resmi pemerintah).

Andrea O. Veneracion International Choir Festival merupakan kompetisi paduan suara yang diselenggarakan oleh The Central Cultural of Philippines bekerjasama dengan paduan suara The Philippines Madrigal Singers atau yang dikenal dengan MADZ.    

Dalam kompetisi tersebut terdapat tiga kategori yang diperlombakan yaitu kategori lagu daerah (Folk Song Category), kategori Chamber Choir dan Kategori Vocal Ensemble.

Paragita UI yang mewakili Indonesia, secara rutin mengikuti kompetisi baik di dalam maupun luar negeri.

Tahun lalu, kelompok ini berhasil meraih penghargaan khusus untuk interpretasi lagu wajib terbaik dalam kompetisi prestisius Bela Bartok Choir Competition di Debrecen, Hungaria.

Pada 2009, Paragita meraih gelar juara pertama kategori lagu klasik, dan juara ketiga di kategori lagu rakyat pada Internationaler Chorwettbewerb di Spittal an Der Drau, Austria.

Pada tanggal 11 Agustus 2013, Paragita UI dijadwalkan akan menggelar konser di Bulacan, Filipina dengan menampilkan beberapa lagu daerah dalam bentuk aransemen paduan suara. (Antara)

Pewarta: Oleh Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013