Manchester (ANTARA/AFP) - David Silva meyakini kalau kembalinya Carlos Tevez dapat mendongkrak semangat Manchester City untuk mengejar gelar, menjelang pertandingan kandang mereka melawan Blackburn Rovers pada Sabtu.

City menjamu Rovers, yang terancam degradasi, dengan peluang untuk meraih keunggulan lima poin dari juara liga musim lalu, Manchester United, yang melakukan lawatan ke Norwich pada Minggu.

Pasukan Roberto Mancini berada di puncak klasemen, meski tidak diperkuat Tevez selama lima bulan.

Penyerang Argentina tersebut terlibat perselisihan dengan Mancini setelah menolak bermain ketika City takluk 0-2 dari Bayern Muenchen pada September, dan setelah itu kembali ke Argentina tanpa meminta izin kepada klub pada November.

Namun, setelah kembali ke Manchester pada pekan lalu, Tevez meminta maaf kepada Mancini dan akan dapat kembali dimainkan jika ia dapat membuktikan dirinya cukup bugar untuk bermain.

Sebelumnya, Mancini mengandalkan Sergio Aguero, Mario Ballotelli, dan Edin Dzeko, untuk dimainkan sebagai pengisi lini depan.

Aguero telah mencetak 20 gol pada musim debutnya di sepak bola Inggris, Dzeko telah menyumbangkan 17 gol, dan Balotelli berkontribusi dengan 12 gol.

Namun gelandang Spanyol, Silva, yakin bahwa memiliki empat penyerang papan atas dapat memberi keuntungan pada City.

"Sangatlah penting untuk memiliki empat penyerang hebat di tim kami," kata Silva.

"Hal itu memudahkan orang-orang yang bermain di belakang mereka. Kami semua tahu bahwa mereka adalah pemain-pemain hebat, dan itu dapat menjadi faktor penting untuk membantu kami dalam perebutan gelar."

"Carlos telah memperlihatkan sebelumnya, bahwa ia memiliki karakter dan determinasi hebat, dan bagi seseorang seperti dirinya, akan lebih mudah untuk mendapatkan kembali bentuk (permainan terbaik) dibanding (pemain-pemain) yang lain."

"Aguero merupakan pemain hebat. Tidak banyak yang dapat Anda katakan mengenai dirinya. Ia fantastis."

City akan menghadapi United pada tiga pertandingan terakhir Liga Utama Inggris musim ini, di saat mereka sedang mengincar gelar liga perdana sejak 1968.

United telah berjuang keras untuk dapat menyamai kecepatan tetangganya itu, dan Silva berharap timnya dapat menjaga jarak atas Setan Merah.

"Jika kami datang ke pertandingan itu dengan jumlah poin yang sama, maka (pertandingan) itu dapat menentukan, namun kami harus menghadapi laga itu dengan duduk di peringkat satu, kami harus memenangi setiap pertandingan," ucapnya.

"Memenangi Liga Utama Inggris merupakan hal menakjubkan untuk dicapai dengan Manchester City, dan bagi orang-orang Manchester setelah begitu lama (tidak menjuarai liga)."

Mancini berpeluang memberi Yaya Toure dan Kolo Toure, yang absen panjang karena membela Pantai Gading di Piala Afrika, kesempatan untuk menjadi pemain starter untuk pertama kalinya sejak awal Februari.

Selain Tevez dan Owen Hargreaves, yang kondisi kebugarannya masih meragukan, ia memiliki opsi pilihan pemain yang cukup banyak.

Ketika City memainkan kedua pertandingan Liga Europa melawan Porto, Blackburn berisitirahat selama dua pekan, sejak mereka menang 3-2 atas QPR, karena telah tersingkir di Piala FA.

Kemenangan tersebut mengeluarkan pasukan Steve Kean dari zona degradasi, namun gelandang Morten Gamst Pedersen mengakui bahwa timnya masih harus bertarung keras untuk menghindari degradasi.

Pedersen, yang berpikir kalau United akan memenangi gelar liga, merasa timnya harus membangun penyangga dari tiga tim terbawah, dengan laga melawan Chelsea akan menjadi pertandingan penutup musim bagi Blackburn pada Mei mendatang.

"Saya telah berkata sebelum musim dimulai, bahwa (perebutan gelar juara liga) ini antara United dan City, dan ini sangat ketat," ucap Pedersen. "Ini akan sangat ketat, namun saya lebih condong ke warna merah daripada warna biru."

"Ini akan sangat ketat, dan saya harap kami bisa mendapat urutan yang baik (di klasemen) sebelum pertandingan tandang terakhir melawan Chelsea."

"Kami akan melalui beberapa pertandingan penting dan harus mencetak beberapa gol, jika kami dapat menyentuh sedikit di belakang, semua orang ingin bertahan di Liga Utama."

"Laga melawan City adalah pertandingan berat, dan jika kami bisa mendapatkan sesuatu maka itu adalah bonus yang bagus bagi kami."

Chris Samba, yang gagal meninggalkan Ewood Park pada Januari, dapat dimainkan pada pertandingan di Eastlands, dan Kean pun tidak memiliki masalah cedera pemain.
(Uu.SYS/T009)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012