Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 34 orang sehingga totalnya saat ini menjadi 1.060 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan penyebaran virus mematikan itu di wilayah ini dalam beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan sehingga harus diwaspadai agar tidak terus bertambah.

"Ada penambahan 34 kasus terkonfirmasi positif sehingga totalnya saat ini menjadi 1.060 kasus, di mana dari jumlah itu sebanyak 973 kasus kemudian dinyatakan sembuh, 21 kasus meninggal dunia dan 66 kasus masih dalam pengawasan," kata dia.

Dijelaskan Syamsir yang juga Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Rejang Lebong tersebut, dari 34 warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini sebanyak empat orang menjalani perawatan di RSUD Curup dan 30 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Penambahan 34 kasus terkonfirmasi positif baru ini, kata dia, berasal dari beberapa kecamatan di Rejang Lebong antara lain enam orang dari Kecamatan Curup Timur yang kesemuanya tengah menjalani isolasi mandiri.

Kemudian 11 orang dari Kecamatan Curup Tengah, satu diantaranya yakni kasus 1.048 berjenis kelamin perempuan berumur 39 tahun harus menjalani perawatan di RSUD Curup, dan 10 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Selanjutnya empat orang dari Kecamatan Selupu Rejang, di mana satu orang diantaranya harus menjalani perawatan di RSUD Curup yakni kasus 1.047 berjenis kelamin perempuan berumur 54 tahun.

Seterusnya empat orang dari Kecamatan Curup Utara, salah satunya pasien kasus 1.050 berjenis kelamin perempuan berumur 74 tahun saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Curup.

Sedangkan enam orang lainnya berasal dari Kecamatan Curup Selatan yang semuanya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, serta tiga orang dari Kecamatan Curup, satu orang diantaranya harus menjalani perawatan di RSUD Curup yakni kasus 1.049 berjenis kelamin laki-laki berumur 35 tahun.

Ditambahkan dia, untuk jumlah kasus suspek saat ini tercatat sebanyak 515 kasus, dengan jumlah suspek di isolasi ada empat kasus, serta data sampel tes usap (swab) yang telah diperiksa di laboratorium sebanyak 4.023 spesimen.

Dia mengimbau, masyarakat Rejang Lebong untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021