Rejanglebong (Antara Bengkulu) - Pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2013 yang digelar Polres Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, terhitung 2 - 19 Agustus berhasil menilang sebanyak 86 pelanggar lalu-lintas di daerah itu.

"Dalam Operasi Ketupat Nala 2013 terjadi 269 kasus pelanggaran lalu-lintas. Dari jumlah ini yang ditilang sebanyak 86 pengendara kendaraan roda empat dan roda dua, sedangkan 183 pengendara lainnya mendapat teguran," kata Kepolres Rejanglebong AKBP Edi Suroso, didampingi Kasubag Humas Polres Rejanglebong, IPTU Ishak Main, Rabu.

Jumlah pengendara kendaraan yang ditilang selama pelaksanaan Operasi Nala 2013 tersebut, kata dia, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan. Pada 2012, pengendara yang ditilang mencapai 132, dengan jumlah pelanggaran mencapai 300 kasus.

Sementara itu, selama pelaksanaan operasi ini yang bersamaan dengan pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, tambah dia, pihaknya juga mencatat terjadi tiga kasus kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan kendaraan roda dua yang memakan korban meninggaldunia sebanyak dua orang dan satu orang lainnya mengalami luka ringan dengan jumlah kerugian materil sebesar Rp800 ribu.

Korban kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran itu pada tahun ini juga mengalami penurunan dibandingkan 2012 lalu, dimana kasus serupa terjadi sembilan kasus dengan korban meninggaldunia sebanyak tiga orang dengan kerugian materil mencapai puluhan juta.

Kendati pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2013 sudah berakhir kata dia, pihaknya akan terus menyosialisasikan budaya tertib berlalu-lintas serta menggelar operasi rutin guna menekan angka pelanggaran lalu-lintas dan meminimalisir angka kecelakaan.

Untuk itu, dia mengimbau kalangan pengendara kendaraan baik roda dua maupun empat di daerah itu agar mematuhi peraturan lalu-lintas serta melengkapi alat pengaman dalam berkendara serta selalu membawa surat-menyurat kendaraan dan SIM. (Antara)

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013