Banjarnegara (Antara Bengkulu) - Duta Besar Republik Yaman Ali Ali Alsoswa mengaku kagum terhadap berbagai kebudayaan yang berkembang di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Saya sangat senang. Banjarnegara memiliki berbagai budaya yang luar biasa," katanya usai menyaksikan parade budaya dalam rangka pembukaan Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2013, di Alun-alun Banjarnegara, Sabtu siang.

Ia mengaku berterima kasih karena telah diundang ke Banjarnegara untuk menyaksikan berbagai budaya yang ditampilkan dalam FSB 2013 dan berkesempatan menikmati keindahan alam daerah itu.

Menurut dia, Banjarnegara memiliki potensi budaya dan pariwisata yang luar biasa.

Oleh karena itu, dia siap membantu mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Banjarnegara kepada masyarakat Yaman.

"Insya Allah, begitu saya tiba di Jakarta, saya akan langsung promosikan," kata dia dalam bahasa Indonesia bercampur Inggris.

Dalam kesempatan terpisah, Duta Besar Republik Seychelles Nico Barito mengatakan bahwa para duta besar yang menghadiri kegiatan itu merasa terkesan.

"Kemarin (akhir Juni, red.), saya datang cuma sendiri. Sekarang kita datang beramai-ramai," kata dia yang sebelumnya pernah menghadiri pergelaran Dieng Culture Festival IV di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, 30-31 Juni 2013.

Dia mengaku kagum terhadap Pemerintah Kabupaten Banjarnegara karena persiapan untuk menyambut kedatangan sejumlah duta besar negara sahabat dinilai bagus, mulai dari protokoler, sistem kerja, hingga penyambutannya.

"Jadi, saya memberikan rekomendasi, Banjarnegara sudah boleh 'go international'," katanya.

Dia mengatakan bahwa para duta besar yang menghadiri kegiatan itu akan mempromosikan berbagai potensi Banjarnegara ke negara masing-masing.

Selain Yaman dan Seychelles, duta besar lainnya yang hadir dalam pembukaan FSB 2013 di antaranya Bosnia, Afghanistan, Polandia, Laos, dan Jepang.

 Kegiatan FSB 2013 yang akan dilaksanakan hingga 31 Agustus 2013 juga akan diisi dengan berbagai acara, seperti Banjarnegara Expo yang rencananya dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa pada 28 Agustus, Banjarnegara Hijau bersama Ebiet G Ade yang direncanakan dihadiri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada 31 Agustus, dan berbagai kegiatan budaya serta beberapa perlombaan. (Antara)

Pewarta: Oleh Sumarwoto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013