Penampilan gemilang kiper Yann Somer dan barisan pertahanan Swiss membuat pertandingan perempatfinal Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di St Petersburg dilanjutkan ke babak adu penalti setelah selama 120 menit kedudukan tetap 1-1.

Spanyol lebih dulu unggul pada menit ke-8 berkat gol bunuh diri gelandang Denis Zakaria. Pada menit ke-68 babak kedua Xherdan Shaqiri menyamakan kedudukan 1-1.

Walaupun sejak menit ke-77 kehilangan Remo Freuler yang mendapatkan kartu merah karena pelanggaran keras terhadap Gerard Moreno, Swiss memaksa Spanyol melanjutkan pertandingan itu ke 2x15 menit babak perpanjangan waktu.



Dalam 2x15 menit, Swiss bertahan mati-matian menahan gempuran Spanyol dan berhasil, terutama berkat penampilan gemilang Sommer di depan gawang.

Pada 15 menit pertama babak tambahan, Sommer membuat enam penyelamatan gemilang masing-masing mementahkan dua peluang emas Mikel Oyarzabal pada menit 103 dan 105+1. Sebelumnya dia juga berhasil menjaga gawangnya dijebol oleh Jordi Alba, Marcos Llorente dan Gerard Moreno.

Lalu pada 15 menit kedua, Sommer kembali tampil cemerlang dengan mementang paling sedikit empat peluang emas Spanyol.

Sampai 120 menit pertandingan ini tetap 1-1, sehingga laga perempatfinal pertama Euro 2020 ini mesti ditentukan oleh adu penalti.





 

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021