Madrid (Antara/Reuters) - Penyerang Barcelona Lionel Messi dan ayahnya Jorge telah membayar lima juta Euro kepada otoritas Spanyol setelah mereka pada Juni dituding memberikan pemberkasan pajak palsu, kata pengadilan pada Rabu

Pasangan ini telah menyetorkan 5.016.542,27 euro pada bulan lalu sebagai "pembayaran yang dikoreksi," kata pengadilan di Gava dekat Barcelona.

Mereka masih harus menjalani persidangan pada 17 September meski pengacara mereka telah meminta agar persidangan itu ditunda sebab ia memiliki keperluan lain pada hari itu, demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pemain terbaik dunia asal Argentina Messi dan ayahnya, yang keduanya menolak disebut melakukan hal-hal yang salah, diduga menyembunyikan empat juta euro dari pemberkasan tidak lengkap untuk tahun 2006 sampai 2009.

Penjualan hak citra Messi telah disembunyikan menggunakan jaring kompleks dari selubung perusahaan-perusahaan di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris Raya, kata kantor jaksa untuk kejahatan-kejahatan pajak di Katalonia.

"Saya tidak pernah mengurusi hal-hal seperti ini dan demikian juga ayah saya," kata pemain 26 tahun ini pada Juli.

"Kami memiliki pengacara-pengacara dan manajer-manajer keuangan untuk mengurus hal-hal itu, dan kami mempercayai mereka dan mereka akan mengatasi masalah ini," tambahnya.

"Kebenarannya adalah saya tidak memiliki petunjuk mengenai semua ini dan itulah mengapa kami memiliki orang-orang untuk mengurusinya."

Messi merupakan penduduk Barcelona sejak 2000 dan mendapatkan kewarga negaraan Spanyol pada 2005.

Ia merupakan salah satu dari beberapa atlet dengan bayaran termahal di dunia dan mendapatkan lebih dari 20 juta dolar per musim dalam bentuk gaji dan bonus-bonus, mengacu pada majalah Forbes.    

Ia juga mendapatkan 21 juta dolar dari beberapa mitra bisnisnya, termasuk Adidas, PepsiCo, P&G, dan Turkish Airline, serta masuk daftar 10 besar peringkat Forbes untuk atlet dengan pendapatan terbanyak.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013