London,  (Antara/AFP) - Wayne Rooney kembali dari cedera untuk memberikan kemenangan perdana di Old Trafford bagi pelatih David Moyes, ketika sang juara bertahan mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-0, sedangkan Jose Mourinho menelan kekalahan pertamanya di Liga Utama Inggris pada masa kerja kedua di Chelsea.

Rooney absen saat United kalah di markas Liverpool dan pada pertandingan kualifikasi tim nasional Inggris melawan Moldova dan Ukraina, setelah ia mengalami luka di kepala akibat berbenturan dengan rekan setimnya Phil Jones di tempat latihan.

Namun, dengan mengenakan penutup kepala berwarna hitam untuk melindungi bagian yang cedera, Rooney menandai kembalinya dirinya dengan gol perdananya di musim ini pada menit ke-81.

Robin van Persie mencetak gol dari titik penalti untuk memberi United keunggulan menjelang babak pertama usai, setelah gelandang Palace yang berasal dari Afrika Selatan Kagisho Dikgacoi diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Ashley Young.

Moyes memasukkan gelandang Belgia Marouane Fellaini untuk melakukan debutnya di United pada menit ke-61, menyusul kepindahannya dengan biaya transfer 27,5 juta pound dari Everton pada hari terakhir bursa transfer.

Dengan Alex Ferguson menyaksikan pertandingan dari tribun penonton untuk pertama kalinya sejak ia pensiun, United mengunci kemenangan pertama mereka dari tiga pertandingan liga - dan kemenangan pertama Moyes di kandang sendiri sejak kepindahannya sebagai suksesor Ferguson - berkat tendangan bebas Rooney.

"Ia sedikit kelelahan pada babak kedua, namun saya pikir ia mengagumkan untuk semua yang ia lakukan," kata Moyes mengenai Rooney.

"Saya ingin ia bermain selama 90 menit, yang merupakan hal penting dengan pekan sibuk yang kami hadapi."
 
Sementara itu, Chelsea yang dilatih Mourinho, yang mendulang tujuh angka dari tiga pertandingan pertamanya, membayar harga akibat kegagalan mereka mengonversi sejumlah peluang di awal pertandingan ketika gol Steven Naismith menjelang babak pertama usai membawa Everton menang 1-0 - kemenangan perdana mereka di bawah pelatih baru Roberto Martinez - di Goodison Park.

 Naismith, yang merayakan ulang tahun ke-27nya pada Sabtu, mencetak gol melalui tandukan kepala setelah debutan Chelsea Samuel Eto'o dan pemain sayap Andre Schuerrle menyia-nyiakan peluang-peluang emas.  

Di Sunderland, Ozil, pemain yang memecahkan rekor transfer Arsenal itu memberi dampak instan sepanjang 79 menit penampilannya, sedangkan rekan setimnya Aaron Ramsey meneruskan penampilan menawannya di musim ini.

Ozil, yang didatangkan dari Real Madrid pada hari terakhir bursa transfer dengan biaya 42 juta pound, tidak membutuhkan waktu lama untuk memperlihatkan kelasnya ketika gelandang Jerman itu melakukan kontrol bola brilian saat mendapat umpan panjang dan kemudian menyodorkannya ke Olivier Giroud, yang tidak membuat kesalahan dengan melakukan penyelesaian bagus pada menit ke-11.

Sunderland berhasil menyamakan kedudukan ketika Laurent Koscielny melanggar Adam Johnson di kotak terlarang, dan Craig Gardner mencetak gol balasan melalui eksekusi penalti pada menit ke-48.

Namun Ramsey merestorasi keunggulan Arsenal pada menit ke-67 melalui sepakan voli dan gelandang Wales itu memastikan timnya meraih kemenangan ketiga di liga musim ini ketika ia mencetak gol penutup sembilan menit kemudian.

Ramsey memuji dampak cepat Ozil, dengan berkata, "Anda telah melihat apa yang ia lakukan, mengirim bola-bola seperti itu, ia merupakan salah satu pemain dengan assist tertinggi di Eropa dan ia akan menciptakan banyak peluang bagi kami."

Tottenham mengawali era tanpa Bale dengan kemenangan 2-0 atas tamunya Norwich City di White Hart Lane.

Bale bergabung dengan Real Madrid sebelum bursa transfer selesai pada awal bulan ini, namun kepindahan pemain sayap Wales itu kelihatannya tidak mengganggu tim Andre Villas-Boas, yang telah memenangi tiga dari empat pertandingan musim ini.  

Mereka membuka keunggulan ketika pemain sayap Belanda Christian Eriksen, yang direkrut dari Ajax untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Bale, menyodorkan bola dengan sempurna ke jalur berlari Gylfi Sigurdsson, yang mengonversinya menjadi gol pada menit ke-28.

Gelandang Islandia Sigurdsson menyudahi perlawanan Norwich dengan gol keduanya, dari umpan silang Paulinho, empat menit babak kedua bergulir.

Pelatih Stoke Mark Hughes membuat bekas klubnya frustrasi, ketika Manchester City dipaksa bermain imbang 0-0 di Stadion Britannia.

Hughes sangat marah saat ia dipecat oleh para pemilik City pada 2009, namun ia menikmati balas dendam yang manis pada pertandingan ini, di mana Stoke mampu menahan pasukan Manuel Pellegrini yang dihuni banyak pemain mahal.

Yoann Gouffran menjadi bintang Newcastle ketika The Magpies menang 2-1 di markas Aston Villa.

Pasukan Alan Pardew unggul ketika Hatem Ben Arfa mencetak gol dari umpan Loic Remy pada menit ke-18.

Christian Benteke menyamakan kedudukan untuk Villa pada menit ke-67, ketika penyerang ini melepaskan tandukan untuk mencatatkan gol kelima dari lima penampilannya musim ini.

Namun Newcastle berhak mendapat tiga angka berkat gelandang Prancis Gouffran enam menit kemudian.

Hull dan Cardiff berbagi hasil imbang 1-1 pada pertandingan antara dua klub yang otomatis promosi dari Championship musim lalu.

Pasukan Steve Bruce unggul melalui tandukan Curtis Davies pada menit ke-40, namun gelandang Cardiff Peter Whittingham melepaskan tendangan voli untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-59.

Gol Steve Sidwell pada menit ke-22 membuat Fulhan unggul di Craven Cottage, namun West Bromwich Albion mengamankan hasil imbang 1-1 melalui gol Gareth McAuley pada menit ke-90.

 
Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013