Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah mengembangkan paket wisata glamorous camping (glamping) yakni menginap di tenda dalam kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti yang ada di desa itu.

Kepala Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kasiyadi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti tersebut saat ini masih dalam pengembangan dan telah mendapat penyertaan modal dari dana desa tahun anggaran 2021 sebesar Rp25 juta yang digunakan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung seperti WC, gazebo dan lainnya.

"Saat ini sudah ada paket glamping, jadi pengunjung bisa menginap di kawasan wisata ini. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang masih asri dan memiliki keunikan, karena air yang mengalir selain air dingin juga ada saluran air hangat," kata dia.

Para pengunjung yang datang ke obyek wisata Air Terjun Tri Sakti bisa menikmati beberapa paket wisata yang sudah disiapkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Belitar Seberang selaku pengelola lokasi wisata.

Sementara itu, Hendri ketua Pokdarwis Desa Belitar Seberang ditempat terpisah mengatakan, obyek wisata Air Terjun Tri Sakti saat ini terus berbenah sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Bengkulu.

"Paket wisata glamping di lokasi Air Terjun Tri Sakti ini rencananya akan kami lauching setelah peringatan 17 Agustus 2021, saat ini kami sedang melakukan berbagai persiapan sehingga saat launching nanti pengunjung bisa langsung menginap disini," kata dia.

Paket wisata glamping tersebut akan digabung dengan paket wisata di kawasan komplek Air Terju Tri Sakti, di mana harga paket yang mereka tawarkan berkisar Rp250 ribu-Rp300 ribu per tenda sesuai dengan fasilitas yang diinginkan oleh wisatawan.

Fasilitas yang ditawarkan dalam paket wisata itu, kata dia, berupa penyediaan tenda dengan kapasitas empat hingga lima orang dengan dilengkapi kasur dan bantal. Sejauh ini tenda yang sudah mereka siapkan sebanyak enam unit.

Kalangan wisatawan yang datang ke lokasi wisata Air Terjun Tri Sakti ini yang tidak mau menikmati paket glamping juga bisa melakukan penyewaan tenda dengan tarif Rp200 ribu, namun mereka ini nantinya masih harus membayar tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti.

Sebelumnya Pokdarwis Belitar Seberang, tambah dia, telah lebih dahulu menawarkan paket biasa dengan biaya Rp175 ribu per orang, dengan fasilitas berupa pelayanan antar jemput dengan ojek, minum kopi khas Desa Belitar Seberang, wisata edukasi rumah nira, makan siang sekali dan bebas menikmati keindahan kawasan Air Terjun Tri Sakti mulai dari air terjun hingga kolam air panas.

Sedangkan paket lainnya ialah paket canyoning yaitu menuruni Air Terjun Tri Sakti dengan ketinggian 86 meter secara vertikal menggunakan tali dengan perlengkapan standar internasional. Pengunjung yang akan menikmati paket ini dikenakan tarif Rp350 ribu per orang dan minimal empat orang, dengan pelayanan seperti paket biasa kecuali rumah nira.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021