Chicago (Antara/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir merosot pada Kamis (Jumat pagi WIB), tertekan data ekonomi positif Amerika Serikat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 3,1 dolar AS, atau 0,23 persen, menjadi menetap di 1.317,6 dolar AS per ounce.

Emas menurun setelah Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis melaporkan bahwa jumlah aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran naik 1.000 menjadi 308.000 dalam pekan yang berakhir 28 September, lebih rendah dari 313.000 yang diperkirakan oleh pasar, sedangkan PHK tetap di posisi terendah pasca-resesi.

Logam mulia itu kemudian mengurangi beberapa kerugiannya setelah lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) mencatat penurunan dalam indeks jasanya dari 58,6 persen pada Agustus menjadi 54,4 persen pada September.

Presiden Barack Obama bertemu dengan para pemimpin Kongres pada Rabu malam, tetapi gagal meraih kesepakatan untuk membuka kembali kegiatan pemerintah. Jika penutupan sementara kegiatan (shutdown) pemerintah AS meluas hingga minggu depan, emas akan naik, para analis pasar mengatakan.

Sebuah dorongan yang dapat diduga untuk emas adalah bahwa permintaan India untuk emas akan naik karena negara tersebut memasuki musim perayaan pesta mulai Sabtu (5/10).

Perak untuk pengiriman Desember menyusut 11,1 sen, atau 0,51 persen, menjadi ditutup pada 21,786 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari merosot 20,1 dolar AS, atau 1,44 persen, menjadi ditutup pada 1.373,3 dolar AS per ounce.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013