Nunukan (Antara Bengkulu) - Ribuan warga Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara ikut memeriahkan acara karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) XIV kabupaten yang berbatasan dengan Malaysia itu.

Panitia Pelaksana Karnaval tersebut, Kaharuddin SS, di Nunukan, Kamis, menyatakan karnaval diikuti seluruh sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, perkantoran pemerintah daerah dan vertikal, komunitas adat dan etnis yang ada di Pulau Nunukan berjalan kaki sepanjang tiga kilometer.

Kaharuddin menyebutkan, rute dari karnaval ini yaitu Tugu Selamat Datang, Jalan TVRI, Alun-Alun Kota, Pasar Lama dan finish di Lapangan Tanah Merah depan Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Lamijung.

Mantan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan ini mengatakan, karnaval yang digelar sekali dua tahun menjelang peringatan HUT ke-14 Kabupaten Nunukan yang jatuh pada 12 Oktober 2013 itu mendapatkan penilaian dari tim penilai yang ditentukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan.

Masih kata dia, jumlah peserta karnaval diperkirakan mencapai ribuan orang. Sesuai nomor urut jumlah tim peserta sebanyak 140 lebih dan masing-masing tim minimal beranggotakan 20 orang.  

"Diperkirakan yang mengikuti karnaval ini mencapai empat ribu orang mulai dari murid-murid SD, SMP dan sederajat, SMA dan sederajat, perguruan tinggi, masyarakat umum, perkantoran pemerintah daerah dan vertikal, komunitas masyarakat dan etnis," jelas Kaharuddin yang saat ini menjabat Kepala Bagian Humas dan Protokol DPRD Nunukan.

Kaharuddin yang mengaku penggagas kegiatan ini menegaskan, sistem penilaian pada acara karnaval tersebut sesuai dengan kelompok yakni pelajar, masyarakat umum dan kendaraan roda empat.

"Kegiatan seramai ini baru pertama kali terjadi sepanjang terbentuknya Kabupaten Nunukan. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Nunukan," ujarnya.

Karnaval ini dilepaskan Wakil Bupati Nunukan, HJ Asmah Gani di Persimpangan Tugu Selamat Datang Jalan Pelabuhan Baru-Jalan TVRI sekitar pukul 09.00 Wita.

Sebelum melepaskan peserta karnaval, dia berpesan agar peserta tetap menjaga ketertiban dan menjaga diri dalam perjalanan.

Pantauan di lapangan, juga tampak ribuan warga tumpah ruah berjubel di pinggir jalan yang dilewati peserta menyaksikan acara ini meskipun panas terik matahari sambil melakukan pemotretan.  (Antara)

Pewarta: Oleh M Rusman

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013