Samarinda (Antara) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Timur akan memecahkan rekor dunia dengan mengibarkan bendera Merah Putih sepanjang 2.128 meter pada peringatan Sumpah Pemuda ke-85 di Stadion Utama Palaran Samarinda, 28 Oktober 2013.

"Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 2.128 meter tersebut merupakan bagian dari peringatan Sumpah Pemuda tingkat Nasional yang akan dipusatkan di Kota Samarinda. Pengibaran Bendera Merah Putih ini merupakan komitmen kami untuk memecahkan rekor dunia pengibaran bendera," ungkap Sekretaris Umum FPTI Kaltim Ahmad Subhan, Sabtu.

Pengibaran bendera itu, kata Ahmad Subhan, akan dilakukan oleh 15 anggota FPTI Kaltim dan personel Batalyon Infanteri 611/Awang Long.

"Pengibaran bendera itu akan dilaksanakan di Stadion Utama Palaran, tempat pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang rencananya akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Ahmmad Subhan.

Sementara, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Samarinda Suparlan, mengatakan, pemecahan rekor dunia pengibaran bendera itu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan di pusatkan di Stadion Utama Palaran pada 28 Oktober 2013.

Hingga saat ini, kata Suparlan yang juga sebagai Sekretaris Hari Bakti Pemuda Samarinda, belum ada konfirmasi terkait rencana kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sampai saat ini belum ada konfirmasi terkait kepastian kedatangan Presiden namun kami tetap optimistis pak SBY akan hadir. Tetapi, jika memang beliau berhalangan kemungkinan masih bisa diwakili oleh Wapres, Boediono atau paling tidak Menkokesra," ungkap Suparlan.

Pada peringatan Sumpah Pemuda tingkat nasonal yang dilaksanakan di Kota Samarinda itu, katanya, juga akan melibatkan 1.200 peserta dari 33 provinsi.

Selain itu, ujar Suparlan, puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut juga akan digelar Gerakan Merajut Indonesia yang akan menghadirkan para duta wisata dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Sebanyak 66 Duta Wisata dari 33 provinsi ditambah satu orang Duta Komunitas ASEAN setiap provinsi dengan jumlah 33 orang dengan jumlah keseluruhan 99 orang akan mengikuti prosesi Gerakan Merajut Indonesia yang akan dilaksanakan di Lamin Etam," katanya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013