Banjarmasin (Antara) - Beragam kegiatan kaum Muslim di Kalimantan Selatan, terutama di Banjarmasin, ibu kota provinsi tersebut dalam menyambut dan memaknai Tahun Baru Islam 1435 Hijriah.

Sebagai contoh di Balai Kota Banjarmasin, Senin malam, selain ceramah agama seputar tahun baru Islam atau tahun Hijriah, juga mengumandangkan sya'ir -sya'ir bernuansa Islami.

Bahkan bukan cuma sya'ir, tapi juga disertai alunan gendang rebana yang betalu-talu, sehingga membuat suasana hangat, dikedinginan malam, karena guyuran hujan di sore hari atau menjelang maghrib.

Begitu pula pada sejumlah tempat ibadah di "kota seribu sungai" Banjarmasin menggelar kegiatan serupa, seperti di Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Assa'adah di Komplek Beruntung Jaya.

Kegiatan serupa di pendopo kediaman Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalsel H dr Zairullah Azhar, Jalan Sultan Adam Banjarmasin.

Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1435 H, keluarga besar PKB Kalsel bersama simpatisannya juga melaksanakan shalat hajat, seraya doa bersama agar sepanjang tahun ke depan senantiasa mendapat kesentosaan.

Sementara di Masjid Al Jihad, Jalan Cempaka Banjarmasin, remaja masjidnya juga menggelar doa bersama serta renungan agar masa mendatang lebih baik dari sekarang dan masa lalu.

Sejumlah penceramah pada pokoknya mengajak kaum Muslim melakukan hijrah dari perbuatan keji atau tak bermanfaat selama ini kepada sikap amar ma'ruf dan nahi munkar.

Sebab, menurut para penceramah tersebut, dengan amar ma'ruf dan nahi munkar, akan menghantarkan kehidupan bangsa kepada kebahagiaan, baik di dunia maupun alam akhirat nanti.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013