Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Rejang Lebong, Kamis, menargetkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah itu sampai awal November nanti mencapai 50 persen dari target sasaran sebanyak 1.553.792 jiwa.

"Kita targetkan capaian vaksinasi di Provinsi Bengkulu sampai dengan tanggal 7 November nanti sudah di atas 50 persen," kata Gubernur Rohidin Mersyah usai meninjau vaksinasi massal dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 2021 di GOR Curup, Kabupaten Rejang Lebong.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 dalam 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu harus dilakukan dengan berbagai terobosan salah satunya kegiatan vaksinasi massal Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan serentak yang ditargetkan bisa diikuti 2.000-3.000 orang per kabupaten/kota.

Jika target ini terpenuhi, kata dia, maka ada penambahan jumlah warga yang telah divaksinasi dosis 1 sebanyak 30.000 orang.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi massal itu juga akan dilaksanakan berkesinambungan bukan hanya pada hari itu saja mengingat stok vaksin yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu saat ini masih ada 370.000 dosis, dan jika stoknya habis maka Pemprov Bengkulu akan mengadakannya.

Dia meminta setiap puskesmas yang ada di 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu untuk membuat tim vaksinasi yang terdiri dari tiga sampai lima tim. Tim-tim yang dibentuk ini kemudian diminta turun ke desa/kelurahan dalam wilayah kerja masing-masing guna membantu pencapaian percepatan vaksinasi.

Selain itu, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat desa/kelurahan di masing-masing kabupaten/kota juga harus diaktifkan kembali sehingga bisa mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pada kegiatan vaksinasi massal Hari Sumpah Pemuda 2021 di Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan di beberapa titik diantaranya di GOR Curup, Universitas Pat Petulai dan SMKN 6 Rejang Lebong ini dipantau langsung oleh Gubernur Bengkulu bersama Forkompimda Provinsi Bengkulu.

Sebelum melakukan peninjauan Gubernur Rohidin Mersyah juga melakukan rapat evaluasi kinerja Satgas COVID-19 dan capaian vaksinasi se Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan secara virtual bertempat di rumah dinas Bupati Rejang Lebong.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021