Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Merpati Nusantara Airlines segera melayani penerbangan rute Bengkulu tujuan Padang, Sumatra Barat dan Palembang, Sumatra Selatan.

"Kami sudah merekomendasikan izin terbang, kini tinggal menunggu izin dari Dirjen Perhubungan Udara sehingga bulan depan Merpati sudah beroperasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Ali Berti di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, selain rute Bengkulu-Padang dan Bengkulu-Palembang, MNA juga melayani rute Bengkulu-Jakarta.

Rute Bengkulu-Jakarta akan dilayani setiap hari untuk penerbangan sore.

"Sedangkan rute Bengkulu-Padang dan Bengkulu-Palembang akan dilayani dua kali seminggu dengan jenis pesawat Casa berpenumpang 60 orang.

Kepala Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu Syamsul Banri mengatakan kepastian maskapai MNA masih menunggu keputusan dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Sampai saat ini Merpati belum mendapat izin dari Dirjen Perhubungan Udara, kami kurang tahu apakah sudah disampaikan oleh direksi Merpati atau belum," katanya.

Menurutnya, jika persyaratan sudah lengkap maka izin dari Dirjen Perhubungan Udara akan terbit dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Potensi pasar untuk penerbangan Jakarta-Bengkulu dan sebaliknya cukup menjanjikan sehingga perusahaan milik negara itu berniat membuka rute baru.

"Sangat baik untuk menambah ketersediaan jasa transportasi dari Jakarta tujuan Bengkulu dan sebaliknya, mudah-mudahan segera terealisasi," tambahnya.

Data Bandara Fatmawati Bengkulu menyebutkan jumlah penumpang pesawat terbang dari bandara itu rata-rata 25.500 orang penumpang per bulan.

Dalam satu kali penerbangan terdapat antara 100 hingga 140 orang penumpang.

Setiap pemberangkatan kursi terisi antara 85 hingga 100 persen, khusus penerbangan Jakarta-Bengkulu.

Saat ini terdapat tiga maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Bengkulu dan sebaliknya yakni Sriwijaya Airlines, Batavia Airlines dan Lion Airlines. (KR-RNI)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012