Agam Inong Aceh (pasangan duta wisata Aceh) terpilih sebagai duta wisata nasional 2021 dalam grand final pemilihan duta wisata Indonesia (PDWI) yang berlangsung di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita patut berbangga atas prestasi yang diraih oleh putra putri terbaik Aceh pada ajang duta wisata Indonesia 2021 ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin, di Banda Aceh, Senin.

Duta wisata Aceh yang terpilih tersebut yakni Agam (laki-laki) Muhammad Akkral asal Banda Aceh dan Inong (perempuan) Salwa Nisrina Authar Nyakcut Daulat dari Kota Lhokseumawe.

Jamaluddin mengatakan, prestasi ini merupakan penantian selama 15 tahun bagi seluruh masyarakat Aceh. Sehingga ini juga menjadi salah satu pemicu semangat untuk bangkit kembali memajukan pariwisata setelah diterpa pandemi COVID-19.

Jamaluddin menyampaikan, pada malam grand final PDWI) 2021, Agam Akkral dan Inong Salwa tampil memukau para dewan juri saat mengenakan pakaian adat alas dari Kabupaten Aceh Tenggara.

Selain itu, saat melakukan presentasi di hadapan dewan juri terkait busana daerah, Agam Akkral dan Inong Salwa juga tampil lugas serta membanggakan, sehingga akhirnya mereka mendapatkan juara pertama.

"Agam Inong Aceh telah berhasil menunjukkan kualitasnya untuk berkompetisi di tingkat nasional dengan melewati berbagai ujian yang dipersyaratkan oleh dewan juri,"ujarnya.

Kemenangan ini, kata Jamaluddin, membuat Aceh semakin dikenal dan akan menyuarakan semangat branding The Light of Aceh sebagai co branding wonderful Indonesia ke penjuru nusantara bahkan mancanegara.

"Tentu kita harus banga dan mengapresiasi atas capaian tersebut, dan ini merupakan prestasi terbaik selama Aceh mengikuti ajang pemilihan duta wisata nasional," kata Jamaluddin.

Untuk diketahui, karantina pemilihan duta wisata nasional diselenggarakan selama enam hari yang diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya malam pembukaan, pembekalan, penampilan bakat, presentasi potensi daerah, wawancara mendalam, kunjungan wisata hingga penyelenggaraan grand final.

Setelah Aceh, juara dua PDWI 2021 ini diraih oleh wakil Nusa Tenggara Barat dan juara ketiga disabet oleh Provinsi Bangka Belitung.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021