Jakarta (Antara) - Hasil survei Cyrus Network menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai calon presiden 'setengah dewa' mampu menghegemoni pikiran masyarakat dan mampu mengangkat partai manapun menjadi pemenang pemilu.

Dalam simulasi survei yang dirilis Cyrus Network di Jakarta, Minggu, menyebutkan, penggabungan diri Jokowi bisa menjadikan partai manapun, baik yang sudah memiliki elektabilitas tinggi maupun partai-partai yang terancam tidak lolos parliamentary threshold (PT), sebagai pemenang pemilu.

"Jokowi bahkan mampu mendorong Partai Bulan Bintang (PBB), Partai NasDem, maupun Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi pemenang Pileg, jika Jokowi bergabung dengan partai tersebut," kata Direktur Riset Cyrus Network Eko Dafid Afianto.

Menurut dia, figur Jokowi bisa mengangkat perolehan suara PBB, Partai NasDem, dan PKPI ke titik potensial tertinggi hingga di atas 40 persen Titik potensial dapat tercapai asalkan, partai-partai tersebut menyatakan diri sebagai satu-satunya partai yang usung Jokowi sebagai capres.

"Ini merupakan salah satu fakta bahwa Jokowi adalah capres 'setengah dewa'," kata Eko.

Jokowi juga dianggap mampu mengangkat suara partai yang membesarkannya yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke titik potensial tertinggi hingga 60 persen. Jokowi juga diyakini mampu angkat perolehan suara partai lain hingga ke titik potensial tertinggi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Hasil survei Cyrus Network menyebutkan, figur Jokowi mampu angkat perolehan suara partai-partai lain seperti Partai Golkar, Gerindra, dan lain sebagainya. Untuk Partai Golkar, sosok Jokowi dinilai mampu angkat hingga titik potensial tertinggi 53 persen, dan Gerindra ke angka 48 persen.

"Jokowi juga mampu angkat perolehan suara partai lain jika jauh-jauh hari menyatakan diri sebagai satu-satunya partai yang mengusung Jokowi sebagai Capres," kata Eko.

Adapun survei tersebut dilakukan dengan metode random sampling terhadap 1.020 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, dengan tingkat margin eror mencapai 3,1 persen. Survei Cyrus Network dilakukan dalam dua tahap.

Temuan survei pertama (21-27 Agustus 2013) dan survei kedua pada 13-17 September 2013, menyimpulkan, Jokowi tidak perlu risau dengan partai. Jokowi bisa bergabung ke partai manapun, dan penggabungan Jokowi bisa menjadikan partai tersebut menjadi pemenang pemilu 2014.  (Antara)

Pewarta: Oleh Syaiful Hakim

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013