London (Antara/AFP) - Pensiunnya Alex Ferguson sebagai pelatih Manchester United pada 2013 merupakan salah satu gejolak seismik di sepak bola Inggris dalam perayaan ulang FA yang ke ke-150 tahun.

Pada akhir tahun, kekuasaan United selama dua dekade sebagai kekuatan paling dominan di sepak bola Inggris berada dalam bahaya serius, yang membuat rival-rival mereka dapat mengambil keuntungan dari hal itu.

Jose Mourinho kembali Chelsea, Gareth Bale tidak lagi menjadi pemain Tottenham Hotspur, dan semua lapangan di Liga Utama Inggris kini dilengkapi dengan teknologi garis gawang.

Tahun ini dimulai dengan cara yang familiar, di mana United merangsek untuk meraih gelar liga ke-20nya, namun pada pukul 09.17 pagi pada Rabu, 8 Mei, semuanya berubah.

Kalimat yang dipublikasi akun Twitter kantor pers United mengonfirmasi rumor-rumor yang awalnya dihembuskan situs The Daily Telegraph semalam sebelumnya, "Ferguson, ayah dari United modern, pelatih tersukses sepanjang sejarah sepak bola Inggris, mengundurkan diri setelah 16,5 tahun yang memecahkan rekor."

Pertandingan kandang terakhirnya, kesempatan yang diwarnai banyak emosi, menampilkan United menang 2-1 atas Swansea, sebelum mereka harus bermain imbang 5-5 di markas West Bromwich Albion pada pertandingan ke-1500 sekaligus terakhirnya sebagai pelatih United.

Pria Skotlandia berusia 71 tahun itu memilih penggantinya, pelatih Everton sekaligus kompatriotnya David Moyes, dan mendesak para penggemar klub untuk "mendukung pelatih baru kami" pada kata-kata terakhirnya kepada para penonton setelah kemenangan atas Swansea.

Ferguson memprediksi bahwa akan datang masa-masa sulit, namun sudah ada keraguan yang menyebar pesat mengenai cepatnya kemerosotan United.

Meski United berhasil mempertahankan Wayne Rooney, yang kembali terlihat akan meninggalkan klub pada bursa transfer musim panas, United kalah lima kali dari 16 pertandingan liga mereka sehingga harus melepaskan impian untuk mempertahankan gelar.

"Para pemain kesakitan, sebab mereka terbiasa menang dan ketika mereka tidak mendapatkannya, itu menyakitkan," aku Moyes.

"Namun mereka akan meresponnya. Tidak diragukan lagi."

Paket hak siar televisi sebesar 5,5 milyar pound telah memicu investasi besar pada bursa transfer, di mana Chelsea dan Manchester City dapat berbelanja dengan lebih leluasa, dan Spurs banyak berinvestasi dengan menghabiskan dana sekitar 100 juta pound, berkat jumlah yang mereka terima dari penjualan Bale ke Real Madrid.

Bagaimanapun, secara tidak terduga Arsenal justru melejit pada awal musim.

Dipicu oleh belanja senilai 42,4 juta pound untuk mendatangkan Mesut Ozil dan diinspirasi oleh penampilan gemilang Aaron Ramsey, pasukan Arsene Wenger bangkit setelah menelan kekalahan kandang 1-3 dari Aston Villa pada pertandingan perdana di musim 2013/2014 dan memuncaki klasemen.

Dengan merosotnya United, tim-tim yang mengejar puncak klasemen adalah Liverpool, City, dan Chelsea, yang mendatangkan kembali pelatih karismatis dan kontroversial Mourinho setelah pelatih sementara Rafael Benitez memimpin klub untuk meraih kejayaan di Liga Europa.

Luis Suarez tampil mengesankan untuk Liverpool setelah menjalani skors 10 pertandingan akibat menggigit tangan pemain Chelsea Branislav Ivanovic dan dua golnya saat Si Merah menang 5-0 di markas Tottenham Hotspur menjadi pukulan terakhir bagi pelatih Spurs Andre Villas-Boas, yang dipecat tidak lama kemudian.

FA merayakan ulang tahun ke-150nya dengan memainkan pertandingan-pertandingan prestisius, dan Inggris menandai pencapaian itu dengan lolos ke Piaal Dunia tahun depan di Brazil dengan kemenangan 2-0 atas Polandia di Stadion Wembley pada Oktober.

Optimisme segera menguap, dengan kekalahan beruntun pada pertandingan persahabatan melawan Chile dan Jerman, diikuti oleh undian Piala Dunia yang mempertemukan pasukan Roy Hodgson dengan Italia, Uruguay, dan Kosta Rika.

Kecemasan-kecemasan mengenai minimnya pemain Inggris yang berkualitas segera menyebar, di mana ketua FA yang baru Greg Dyke meluncurkan komisi yang bertujuan untuk memperbanyak pemain-pemain Inggris untuk tampil di Liga Utama Inggris.

Wigan Athletic memberikan kejutan besar di final Piala FA, mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0 berkat sundulan telar Ben Watseon pada malam yang dihiasi hujan di Wembley, dan berkontribusi terhadap pemecatan pelatih City Roberto Mancini.

Mantan pelatih Real Madrid Manuel Pellegrini mengisi jabatan yang kosong di Stadion Etihad, sedangkan Roberto Martinez meninggalkan Wigan - yang terdegradasi - untuk menggantikan Moyes di Everton.

Piala Liga menjadi milik Swansea, yang mengklaim trofi perdana mereka berkat kemenangan 5-0 atas Bradford City, dan terdapat kesuksesan lain bagi sepak bola Wales setelah Cardiff City kembali ke strata tertinggi sepak bola setelah absen selama 51 tahun.

Liga Utama Inggris menjadi kejuaraan nasional pertama yang menggunakan teknologi garis gawang, yang disediakan oleh Hawk-Eye, namun 2013 berakhir dengan tudingan-tudingan seputar pengaturan pertandingan di liga-liga strata bawah.

Apapun yang terjadi pada 2014, sepak bola Inggris tidak akan menjadi sesuatu yang sama lagi.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013