Bengkulu (Antara Bengkulu) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu berencana menggelar bazar di sepanjang kawasan wisata Pantai Panjang untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru 2014.

"Selama perayaan tahun baru, banyak lokasi di sepanjang tempat wisata pantai yang tersedia bagi masyarakat yang ingin ikut mempromosikan barang hasil karya atau lainnya pada tempat bazar yang telah disediakan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu Hasanuddin di Bengkulu, Senin.

Dengan menyediakan lokasi bazar, dia beharap masyarakat dapat memanfaatkan momen tersebut dengan berbagai kegiatan positif dalam melewatkan pergantian tahun baru.

"Kami memberi sarana bagi berbagai pihak untuk menghabiskan waktu dengan hal positif, ada yang mempromosikan bisnisnya, bagi masyarakat dapat berbelanja, dan lokasi juga dijaga ketat pihak kepolisian, " kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan hal tersebut dia berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu mampu menciptakan suasana yang lebih kondusif, nyaman dan aman bagi masyarakat pada Tahun Baru 2014.

Selain itu, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu manurut dia juga telah menyediakan sebanyak 1200 kembang api untuk diluncurkan pada malam pergantian tahun.

"Rencananya perayaan akan kami pusatkan di kawasan 'sport center' Pantai Panjang Bengkulu dan dihadiri gubernur," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Tatang Somantri mengungkapkan, daerah kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu akan dijadikan kawasan bebas kendaraan bermotor pada saat perayaan Tahun Baru 2014.

"Kami akan berlakukan 'car free night' saat perayaan, hanya sepeda yang boleh masuk ke Pantai Panjang saat malam perayaan," kata dia.

Pihaknya juga menggelar Operasi Lilin 2013 dalam rangka meningkatkan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru mulai tanggal 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014 dengan melibatkan 2.910 personel gabungan.

"Kami berkoordinasi dengan TNI serta instansi terkait. Personel Kepolisian telah menyiapkan 1.000 personel, TNI 278 personel, serta instansi terkait seperti Satpol PP, petugas pemadam kebakaran serta personel lainnya berjumlah 1.632 orang," kata Tatang Somantri.

Saat apel kesiapan personel gabungan, ia mengatakan personel itu akan disiagakan untuk pengamanan 191 unit gereja yang tersebar di Provinsi Bengkulu pada perayaan Natal serta pengamanan objek wisata di daerah itu.

"Kami siagakan personel untuk mengawasi 104 lokasi objek wisata di Bengkulu, 33 lokasi tempat perayaan pergantian tahun baru, 33 lokasi Pospam dan Posyan, serta 91 lokasi yang dianggap rawan," kata dia.

Selain itu, Tatang mengatakan personel juga akan disiagakan di kawasan pusat perbelanjaan di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

"Kami juga akan menyiagakan personel pada 58 titik pusat perbelanjaan," katanya.

Dengan kesiapan rencana pengamanan tersebut, Kapolda Bengkulu barharap masyarakat lebih khusyuk dan khidmat dalam merayakan Natal serta Tahun Baru 2014. (Antara)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013