Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan kegiatan operasi katarak gratis yang telah digelar dua kali oleh Komisi Daerah Lanjut Usia di daerah itu menjadi program tahunan pemerintah setempat.

"Daerah ini telah dua kali yakni tahun 2012 dan 2013 mengadakan operasi mata katarak gratis dan sebanyak 454 orang penderita penyakit itu yang telah disebuhkan," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, jika dua kali kegiatan operasi mata katarak gratis di daerah itu pembiayaannya dari Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia, selanjutnya diusulkan menjadi program tahunan.

Mengingat, kata dia, penderita mata katarak yang mendaftar operasi katarak gratis di daerah itu cukup banyak dan belum semua terakomodir karena dari hasil screning atau pemeriksaan belum semua mata penderita yang matang.

"Saat pemeriksaan ada mata penderita yang saat itu belum masak sehingga belum bisa dioperasi tetapi pada tahun berikutnya mata penderita tersebut baru masak dan diperbolehkan menjalani operasi," ujarnya.

Menurut dia, jika kegiatan tersebut ada setiap tahun maka para penderita mata katarak berkesempatan untuk mendapat operasi gratis dari pemerintah setempat.

Ia menerangkan, tahun ini akan kembali digelar operasi mata katarak gratis. Dari sebanyak 262 penderita mata katarak, baru 112 yang boleh menjalani operasi gratis.

"Penderita yang direkomendasikan mengikuti operasi katarak gratis karena dari screning mata penderita sudah masak," ujarnya lagi. (Antara)

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014