Bengkulu (Antara) - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2014 mulai mendirikan panggung utama di halaman dalam Benteng Marlborough, lokasi puncak peringatan 9 Februari 2014.

"Pendirian panggung sudah dimulai dari kemarin (1/2) di halaman dalam benteng," kata Kepala Seksi Pemasaran dan Pemanfaatan Objek Wisata dan Aset Daerah Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Almidianto, di Benteng Marlborough, Minggu.

Ia mengatakan, pendirian panggung HPN di bagian dalam benteng perlu dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan sangat berhati-hati agar tidak merusak cagar budaya itu.

Sebelumnya, panitia sudah membuat persiapan untuk lantai panggung sehingga tidak merusak rumput di halaman dalam benteng.

"Ada beberapa meriam juga yang perlu dihindari sehingga tidak rusak karena pembuatan panggung ini," tambahnya.

Saat ini, kata Almidianto, perbaikan dalam benteng peninggalan kolonial Inggris itu masih dilakukan.

Pembenahan yang dilakukan selain bagian lingkungan atau taman, juga perbaikan sejumlah kusen bangunan penjara yang sudah rusak.

"Ada sembilan kusen yang diperbaiki, sehingga saat HPN nanti semuanya dalam keadaan baik," katanya.

Pantauan di Benteng Marlborough, sejumlah pekerja masih melakukan perbaikan bangunan bersejarah itu, terutama plester bagian kusen yang diperbaiki.

Ia mengatakan, pekerjaan tersebut ditargetkan tuntas pada 5 Februari 2013.

Perbaikan cagar budaya tersebut juga dipantau Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Winston Mambo dari Kota Jambi.

Almidianto yakin perbaikan tersebut tuntas sesuai target dan pihaknya berasumsi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan menghadiri puncak HPN 2014, akan memantau seluruh bagian benteng.

"Kami asumsikan Pak Presiden meninjau seluruh bagian benteng, jadi harus dipastikan kondisinya baik dan rapi," katanya.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014