Paris (Antara/AFP) - Pelatih Paris Saint Germain Laurent Blanc, Senin, mengakui timnya bergerak memasuki "masa-masa berharga" ketika mereka memulai bulan Februari yang sibuk, di mana mereka akan memainkan pertandingan semifinal Piala Liga Prancis di markas Nantes pada Selasa.

Sebulan ke depan akan menjadi masa krusial bagi perjalanan PSG di musim ini, di mana sang pemuncak klasemen Liga Prancis akan bertandang ke markas Bayer Leverkusen pada pertandingan pertama babak 16 besar Liga Champions dan juga akan berhadapan dengan sesama kandidat juara Liga Prancis AS Monaco pada Minggu.

Namun pertama-tama mereka akan menghadapi Nantes, yang kalah 0-5 di Parc des Princes di Liga Prancis pada bulan lalu, sekaligus mengamankan tempat di final yang akan dimainkan di Stade de France.

"Kami menjelang masa-masa berharga, maka kami perlu tampil bagus," kata Blanc, yang mengatakan fokus timnya saat ini adalah untuk memenangi semifinal Selasa.

"Kami berusaha untuk berkonsentrasi penuh pada pertandingan ini. Hal terpenting di (ajang) Piala adalah masuk ke putaran berikutnya, khususnya saat pertandingan berikutnya akan ilangsungkan di Stade de France."

Penyerang asal Uruguay Edinsin Cavani akan absen pada pertandingan di Stade de France de la Beujoire karena masih dibekap cedera paha yang diperkirakan akan membuatnya absen selama tiga pekan, namun Yohan Cabaye dapat tampil bagi juara tiga kali itu setelah tampil sebagai pemain cadangan untuk memainkan debutnya pada pertandingan Jumat silam, ketika PSG menang 2-0 atas Bordeaux di liga.

"Cavani akan segera mulai kembali berlari lagi, namun kami tidak ingin terburu-buru maka kami tidak akan mengambil resiko-resiko apapun. Kami memiliki tim yang besar dan kami perlu menggunakannya ketika terdapat cedera-cedera (pemain)," tambah Blanc.

"Mengenai Cabaye, saya pikir ia siap untuk bermain. Secara fisik ia baik-baik saja. Ia telah berpadu secara alami dengan tim. Jika saya perlu menggunakan dia, saya tidak akan ragu-ragu."

Pertandingan semifinal kedua pada Rabu mempertemukan Lyon yang menjamu tim strata kedua Troyes di Stade de Gerland, ketika mereka meneruskan perjuangan mereka untuk sukses finis di posisi empat besar pada musim ini.

Lyon memang kalah di markas Rennes pada Minggu, namun perkembangan penampilan terkini mereka telah membawa mereka kembali diperhitungkan untuk masuk kompetisi Eropa, di mana mereka juga masih memiliki peluang di Piala Prancis dan Liga Europa.

"Kesempatan untuk menembus final kompetisi piala nasional merupakan hal besar bagi kami," kata pelatih Lyon Remi Garde, yang mengakui dia akan menyukai jika timnya berhadapan dengan PSG di pertandingan puncak, yang akan dimainkan pada April.

"Itu merupakan mimpi, ya. Namun sebelum sampai ke sana, kami perlu berkonsentrasi untuk mengalahkan Troyes."

Klub strata kedua ini telah menyingkirkan dua tim liga teratas pada perjalanan mereka ke empat besar di Valenciennes dan Evian, namun Lyon dapat menyambut kembalinya pengatur permainan Yoann Gourcuff untuk pertandingan ini setelah ia sempat absen karena cedera otot kaki.

    
Semifinal Piala Liga Prancis:

Selasa
Nantes vs Paris Saint-Germain (20.00 GMT)
Rabu
Lyon vs Troyes (19.55 GMT)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014