Bengkulu (Antara) - Sebanyak 2.000 personel TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Februari 2014 di Kota Bengkulu.

"Pasukan yang disiagakan sebanyak 2.000 orang dari TNI dan Polri, besok akan gelar pasukan," kata Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Achmad Sudarsono, di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan memasuki H-2 kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 8 Februari 2014, pasukan sudah disiagakan.

Gelar pasukan akan digelar di Lapangan Stadion Sawahlebar Kota Bengkulu pada Kamis (6/2) pukul 8.30 WIB.

"Kita juga dibantu dai pasukan Kodam II Sriwijaya serta semua peralatan yang disiapkan akan disiagakan," ujarnya.

Bantuan pengamanan dari Kodam II Sriwijaya sebanyak satu pleton pasukan raider sudah tiba di Bengkulu pada Selasa (4/2) malam. Sedangkan untuk peralatan seperti Panser Noa sebanyak tiga unit juga didatangkan dari Kodam II Sriwijaya akan tiba Rabu (5/2) malam di Bengkulu.

Untuk pasukan cadangan lanjutnya, sudah disiagakan jiwa sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Untuk pasukan TNI dari Bengkulu dan Kodam II Sriwijaya serta dari Polri disiagakan untuk pengamanan ring dua dan ring tiga," katanya.

Sedangkan untuk pengamanan ring satu menjadi tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berbagai peralatan untuk pengamanan yang disiagakan antara lain alat "metal detector" dan "security door" sebanyak empat unit milik TNI dan Brimob.

"Untuk gelar pasukan ini, Pangdam II Sriwijaya sendiri langsung yang akan memimpin. Dan Pangdam sendiri sudah tiba di Bengkulu hari ini," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014