Mukomuko (Antara) - Ratusan murid sekolah dasar di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, swadaya memberikan sumbangan untuk membantu para korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Hampir semua murid di sekolah dasar (SD) kami ini memberikan sumbangan uang untuk membantu korban Sinabung," kata Guru SDN 1 Desa Lubuk Sanai, Kabupaten Mukomuko, Endang Putra, di Mukomuko, Jumat.

Menurut dia, setiap murid SDN di wilayah itu memberikan sumbangan uang secara sukarela dengan nilai bervariasi dari Rp1.000 dan ada juga di atas itu.

Ia menjelaskan, termasuk semua guru SD tersebut turut memberikan sumbangan untuk membantu korban Sinabung.

Namun, dirinya tidak hapal total keseluruhan uang sumbangan yang berasal dari murid dan guru SD setempat.

"Sekarang sedang direkap dan uang ini akan digabung dengan sekolah-sekolah lain di daerah ini yang memberikan sumbangan untuk korban Sinabung," ujarnya.

Ia menerangkan, tidak hanya di sekolah itu, di sekolah lain mulai dari SD hingga SMA turut memberikan sumbangan untuk membantu meringankan beban korban Sinabung.

"Semua uang itu dikumpulkan kolektif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat," ujarnya.

Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Apani membenarkan kalau murid SD mengumpulkan uang untuk membantu korban Sinabung.

"Yang lebih tahu kegiatan ini Sekretaris Dinas," ujarnya lagi. (Antara)

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014