Surabaya (Antara) - Kapal pesiar berbendera Bahamas Amerika Serikat, "Silver Shadow" sandar di Terminal Penumpang Sementara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dengan membawa 365 orang penumpang dan 293 anak buah kapal.

"Kapal dengan panjang 186 meter, 28.258 Ton, dan 'draft' 6,12 meter tersebut sandar sejak pagi tadi. Keberadaan kapal pesiar itu dibantu oleh seorang Pandu dari Pelabuhan Tanjung Perak, Mulyanto  didampingi dua orang siswa pandu," kata "Supervisor" Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Nuri Trisnowati, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kapal yang dinahkodai oleh Kapten Zanello Alessandro ini menggunakan agen pelayaran Djakarta Lloyd. Saat kapten kapal tersebut dan sejumlah penumpang turun, mereka disambut dengan tarian khas Jatim yakni Tarian Jaranan.

"Pertunjukan tari ini sebagai simbol ucapan selamat datang kepada para wisatawan," katanya.

Ia menjelaskan, setelah semua turis tersebut mulai turun dari kapal maka kegiatan mereka dilanjutkan dengan perjalanan "Surabaya City Tour. Akan tetapi, hanya sebanyak 50 orang yang mengikutinya.

"Untuk keliling Surabaya, 50 wisatawan tersebut diangkut oleh tiga bus pariwisata," katanya.

Khusus turis yang tidak menggunakan jasa biro perjalanan dan pariwisata, tambah dia, mereka lebih memilih untuk tetap berada di kapal atau hanya sekadar jalan-jalan di area Terminal Penumpang Sementara.

"Ada pula yang lebih memilih keliling Kota Surabaya sendiri meskipun menggunakan taksi," katanya.

Kemudian, kata dia, kapal yang sebelumnya telah sandar di Pelabuhan Probolinggo akan meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak pukul 16.00 WIB pada hari ini dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Semarang.

Pada kesempatan tersebut, "General Manager" Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Toto Heli Yanto, ikut memberi penjelasan kepada kapten kapal tentang gambaran Terminal Penumpang Modern.

"Salah satunya terkait realisasi pembangunan terminal yang diharapkan selesai pada bulan Mei 2014," katanya.

Sementara itu, Kapten Kapal Pesiar "Silver Shadow", Zanello Alessandro, mengemukakan, kedatangannya di Kota Pahlawan adalah kunjungan pertama.

"Good to be in Surabaya," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014