Karimun, Kepri (Antara) - Relawan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menghimpun sumbangan warga masyarakat sebesar Rp476.630.500 untuk para korban letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

"Sumbangan sebanyak itu terhimpun melalui kotak-kotak amal yang diedarkan di sejumlah pusat keramaian dan persimpangan jalan sejak Kamis (6/2)," kata Ketua Umum Relawan Penggalangan Dana Bencana Karimun Aunur Rafiq dalam rapat koordinasi penggalangan dana bencana di kediaman dinas Bupati Karimun, Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Aunur Rafiq yang juga Wakil Bupati Karimun mengatakan, dana sebanyak itu akan dibelikan barang-barang yang dibutuhkan para korban letusan Gunung Sinabung seperti mi cepat saji, selimut, beras, sarden dalam kemasan kaleng, pakaian bayi, buku-buku sekolah dan kebutuhan pokok lainnya.

Ia mengatakan, sumbangan berbentuk barang lebih efektif dibandingkan uang tunai karena jika berbentuk barang maka bisa dimanfaatkan langsung oleh para korban yang membutuhkan berbagai logistik di pengungsian.

Selain uang tunai, kata dia, posko peduli bencana Sinabung yang dipusatkan di kediaman dinas Bupati Karimun Nurdin Basirun juga menerima sekitar 300 kardus besar pakaian, selimut dan barang-barang lainnya dari warga masyarakat.

Menurut dia, barang-barang yang dihimpun itu akan disalurkan langsung ke daerah bencana, terutama di Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Kami menyiapkan enam truk untuk mengangkut barang-barang tersebut ke daerah terkena bencana, masing-masing truk memuat barang senilai Rp73.343.000," tuturnya.

Sebelum didistribusikan, lanjut dia, tim akan mengutus dua relawan untuk melakukan survei bencana sehingga tidak kebingungan ketika tim berangkat menyalurkan bantuan.

"Tim direncanakan berangkat pada 22 atau 23 Februari dengan dipimpin langsung oleh bupati. Sedangkan dana yang terhimpun akan dibelikan barang-barang di Pekanbaru, Riau," katanya.

Pada kesempatan itu, Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para relawan yang meluangkan waktunya untuk menggalang dana.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyisihkan rezekinya untuk disumbangkan kepada saudara yang ditimpa musibah.

"Penggalangan dana yang kita lakukan adalah bentuk solidaritas dan rasa senasib sepenanggungan dengan saudara kita yang membutuhkan bantuan," kata dia.

Ia juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat juga akan dibentuk relawan penggalangan dana letusan Gunung Kelud, Jawa Tengah. (Antara)

Pewarta: Oleh Rusdianto Syafruddin

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014