Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu menggelar pelatihan pelaporan online pada bidang tugas kecipta karyaan, untuk mempermudah kelancaran pelaporan setiap kegiatan.

Selama ini sistem penyampaian pelaporan menggunakan online belum efektif karena keterbatasan sumber daya manusia, kata Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas PU Provinsi Bengkulu Yulia Ermiana, Rabu.

Pelatihan pelaporan online itu dilakukan untuk menambah bekal bagi petugas dan karyawan kecipta karyaan yang diikuti 54 peserta, sebagian besar petugas kegiatan kecipta karyaan di daerah tingkat dua.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan pemberian bekal dan peningkatan kapasitas bagi petugas lapangan dalam hal pelaporan online terkait pekerjaan yang ditangani dinas PU," ujarnya.
 
Ia melanjutkan, pelaporan online merupakan sistem yang wajib dikuasai oleh petugas kegiatan kecipta karyaan seperti program infrastruktur pemukiman, PNPM, Pisew dan kegiatan lainnya.

Pelaporan online wajib diperbaharui setiap tanggal 7 dan 22 setiap month oleh petugas lapangan selanjutnya pelaporan akan langsung diakses oleh menteri dan dinas PU.

Program pelaporan online sebenarnya telah berlangsung sejak 2007 tapi belum berjalan efektif karena keterbatasan sumberdaya dan perangkat tekhnologi yang dibutuhkan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kabupateb/kota untuk menyediakab dana sharing untuk membayar tenaga honorer yang khusus menangani program tersebut termasuk perangkat tekhnologinya.

"Program ini kan membantu kabupaten/kota artinya jika kabupatan/kota menyediakan dana sharing tersebut maka beberapa program kecipta karyaan di daerah dapat berjalan dengan baik," jelasnya.(man)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012