Pengurus Forum Konservasi Gajah Indonesia (FKGI) bersama Departemen Biologi Universitas Indonesia menyalurkan donasi masyarakat lewat program "Ayo Bantu Gajah" untuk membantu pengadaan pakan tambahan bagi gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus).

“Ada tiga wilayah yang mendapat donasi pengadaan pakan tambahan gajah Sumatera di Pulau Sumatera, termasuk di Bengkulu,” kata Koordinator Wilayah FKGI Bengkulu Ali Akbar di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan selain untuk Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat, Bengkulu, bantuan pakan gajah tersebut juga disalurkan untuk gajah binaan di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree, Nangroe Aceh Darussalam, dan PLG Minas di Provinsi Riau.

Pengadaan pakan tambahan ini, menurut Ali, untuk memberikan memberikan nutrisi tambahan dan obat-obatan bagi gajah jinak yang dirawat di PKG dan PLG yang ada di Sumatera.

Ia menambahkan donasi tersebut juga ditujukan untuk kasus khusus, seperti gajah liar yang sakit, sehingga terpaksa harus dievakuasi ke PKG dan PLG.

“Harapan kami lewat kegiatan ini semakin banyak pihak yang peduli dengan kelestarian gaiah Sumatera karena statusnya saat ini adalah terancam punah dengan ancaman utama, yatu alih fungsi hutan, perburuan liar dan juga konflik dengan manusia,” katanya.

Khusus di Bengkulu, menurut Ali, kelestarian habitat gajah Sumatera juga terdesak perkebunan sawit skala besar dan rencana penambangan batu bara serta hak pengusahaan hutan hingga perambahan hutan untuk kebun masyarakat.

Ali mengatakan donasi yang terkumpul selama durasi pengumpulan dana mencapai Rp15 juta yang dibagi ke tiga wilayah dan diprioritaskan untuk pengadaan tambahan pakan bagi gajah.

“Pakan tambahan berupa buah-buahan seperti nanas, pisang, semangka dan sebagian lainnya jagung manis yang langsung dapat dikonsumsi gajah,” ujarnya.

Kepala Resort BKSDA Seblat Mustadin mengapresiasi bantuan pakan tambahan bagi gajah Sumatera yang dibina di PLG Seblat, Bengkulu yang selama ini pengadaan pakannya mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat.

“Ada 10 ekor gajah binaan di PLG Seblat yang mendapat bantuan pakan tambahan dan ini sangat membantu pemenuhan nutrisi gaiah,” katanya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022