Rejanglebong (Antara) - Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, melarang para pengelola sekolah memungut biaya dari pelajar untuk pelaksanaan ujian nasional (UN).

"Pihak sekolah dilarang memungut biaya untuk pelaksanaan UN, karena sudah dibiayai oleh pemerintah baik melalui APBD maupun APBN sehingga tidak ada alasan siswa tidak bisa ikut UN karena tidak ada biaya," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Rejanglebong, Zakaria Effendi, di Rejanglebong, Kamis.

Penegasan tidak adanya pungutan biaya dalam pelaksanaan UN di daerah tersebut kata dia, bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak belajar sehingga tidak terganggu oleh ketiadaan biaya yang mereka miliki.

Sementara itu untuk siswa yang menunggak pembayaran iuran sekolah nantinya dapat diselesaikan melalui perjanjian antara siswa dengan sekolah, sedangkan untuk kekurangan biaya dalam pelaksanaan UN di sekolah, pihak sekolah dianjurkan menggunakan dana lainnya seperti dana BOS.  

Untuk pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMP di daerah itu tahun ini pihaknya telah menargetkan kelulusan 100 persen, mengingat pencapaian hasil UN pada tahun ajaran 2011/2012 lalu mencapai 99,91 persen.

Target pencapaian UN di daerah tersebut kata dia, optimistis bisa terpenuhi mengingat pada tahun lalu hasil UN tingkat SMA tercatat sebagai peringkat kelima tertinggi di Provinsi Bengkulu, sedangkan untuk tingkat SMK tertinggi ke enam dan untuk tingkat SMP tertinggi kedua di Bengkulu.

Untuk mencapai target ini pihaknya telah menginstruksikan para kepala sekolah di 15 kecamatan agar menyiapkan para siswanya sebaik mungkin, dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan melakukan penambahan jam belajar untuk pelajaran yang akan diujikan.

Jadwal pelaksanaan UN tingkat SMA dan Madrasah Aliyah (MA) akan dilaksanakan secara nasional serentak pada 14-16 April 2014, sedangkan untuk ujian susulan akan dilaksanakan 22-24 April 2014. Sedangkan jadwal UN tingkat SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan pada 5 hingga 8 Mei 2014, dan ujian susulan dilaksanakan pada 12-16 Mei 2014.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014