Berlin (Antara/AFP) - Bayern Munich dapat dimahkotai gelar juara Liga Jerman pada akhir pekan mendatang setelah kemenangan 2-1 atas tamunya Bayer Leverkusen pada Sabtu membuat mereka unggul 23 angka di puncak klasemen.

        Sang juara Eropa dapan dikonfirmasi sebagai juara Jerman untuk ke-24 kalinya jika mereka mampu menang di kandang Mainz pada Sabtu mendatang, dan rival-rivalnya Dortmund serta Schalke mendapat hasil imbang.

        Gol-gol dari Mario Mandzukic dan Bastian Schweinsteiger membuat Bayern menikmati kemenangan ke-16 beruntun mereka di liga, dan memperpanjang laju tidak terkalahkan di liga menjadi 50 pertandingan.

        Mantan penyerang Jerman Stefan Kiessling memberi gol hiburan bagi Leverkusen melalui tandukannya sebelum peluit panjang berbunyi.

        Kemenangan ini menutup pekan terberat dalam sejarah Bayern setelah mantan presiden Uli Hoeness mengundurkan diri pada Jumat, 24 jam setelah mendapat vonis hakim akibat kasus penggelapan pajak.

        Ia didakwa oleh pengadilan regional Munich telah merugikan negara sebesar 28,5 juta euro atas pajak-pajak yang tidak dibayarkan.      
   Hoeness absen di Allianz Arena Munich.

        Televisi Sky menggaris bawahi absennya ketika menyorot ke bangku yang kosong di sebelah ketua klub Karl-Heinz Rummenigge, di mana pria 62 tahun itu biasanya duduk dan terdapat beberapa spanduk dukungan dari para penggemar.

        Leverkusen merupakan tim Jerman terakhir yang mengalahkan Bayern, yang mereka lakukan pada Oktober 2012, namun pasukan Sami Hyypia hanya menawarkan sedikit perlawanan ketika mereka menelan kekalahan ketujuh dari delapan pertandingan.

        Mereka telah terperosok ke peringkat keempat setelah turun ke posisi ketika Schalke menang 2-1 di markas Augsburg pada Jumat, ketika penyerang Belanda Klaas-Jan Huntelaar mencetak kedua gol timnya.

        Kemenangan ini menjadi pembangkit moral bagi Schalke menjelang lawatan mereka ke kandang Real Madrid pada Selasa, di mana mereka menghadapi misi nyaris mustahil untuk membalikkan kekalahan 1-6 yang diderita di markas sendiri.

        Laju Bayern untuk meraih gelar terbantu setelah tim peringkat kedua Borussia Dortmund menelan kekalahan 1-2 dari Borussia Moenchengladbach pada Sabtu.

        Gladbach mendapatkan kemenangan pertama mereka dalam sepuluh pertandingan untuk merusak kepercayaan diri Dortmund menjelang pertandingan putaran 16 besar Liga Champions pada Rabu, ketika mereka menjamu Zenit St Petersburg saat mereka menggenggam keunggulan 4-2 dari pertandingan pertama.

        "Ini hasil yang pahit bagi kami, maka kekecewaannya begitu besar," kata kapten Dortmund Sebastian Kehl.

        Dortmund sekarang hanya unggul satu angka atas tim peringkat ketiga Schalke menjelang derby Lembah Ruhr pada 25 Maret.

        "Kami mungkin memiliki bantal di punggung kami, sekarang semuanya menjadi ketat," aku gelandang Dortmund Nuri Sahin.

        Pelatih asal Swiss Lucien Favre memperpanjang kontraknya di Gladbach pada pekan lalu sampai 2017, dan timnya tampil gemilang pada babak pertama dengan torehan dua gol dalam waktu sembilan menit babak pertama di markas Dortmund, Westfallenstadion.

        Penyerang Brazil Raffael mengecoh kiper Dortmund Roman Weidenfeller pada menit ke-31, kemudian Max Kruss mencetak gol lima menit sebelum turun minum.

        Gelandang Gladbach Havard Nordveit diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua untuk 20 menit terakhir, dan rekrutan baru Milos Jojic memperkecil ketinggalan Dortmund pada menit ke-77.

        Mainz naik ke peringkat kelima berkat kemenangan sensasional 4-2 di markas Hoffenheim, di mana pemain Jepang Shinji Okazaki mencetak dua gol terakhir mereka ketika tim tamu mencetak tujuh gol dalam rentang waktu tujuh menit di babak kedua untuk bangkit dari tertinggal 0-2.

        Kemenangan ini membuat Mainz yang dilatih Thomas Tuchel tetap berada dalam perburuan spot Eropa musim depan, dan mereka hanya terpaut tiga angka dari zona Liga Champions.

        VfB Stuttgart yang terancam degradasi, di bawah asuhan pelatih baru Huub Stevens, tidak pernah mendulang kemenangan dalam 10 pertandingan terakhirnya ketika mereka bermain imbang 1-1 di markas Werder Bremen.

        Wolfsburg turun ke peringkat keenam setelah mereka bermain imbang 1-1 dengan tim juru kunci Eintracht Braunschweig ketika hanya tiga angka yang memisahkan empat klub terbawah termasuk Freiburg, Hamburg, dan Stuttgat.

        Harapan-harapan Eropa Hertha mendapat hantaman setelah mereka kalah 0-2 dari Hanover 96 untuk tetap menghuni peringkat kesembilan dan terpaut empat angka dari enam besar.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014