Milan (Antara/AFP) - Juventus akan berharap pesaing terdekatnya AS Roma tergelincir saat bertandang ke markas Fiorentina, ketika klub raksasa Turin itu memulai hitung mundur menuju gelar juara Liga Utama Italia (scudetto) ketiga secara beruntun.

        Harapan-harapan Roma untuk merengkuh "scudetto" pertama sejak 2001 mendapat hambatan pada Senin, ketika Juve merestorasi keunggulan delapan angka mereka di puncak klasemen berkat kemenangan 2-0 di markas Udinese.

        Pasukan Antonio Conte akan dimaafkan karena mereka berharap Roma, yang pada Kamis gagal saat melakukan upaya banding terhadap skors tiga pertandingan yang dijatuhkan kepada pencetak gol terbanyak Mattia Destro, menelan kekalahan di markas Fiorentina yang secara matematis masih berpeluang untuk menandingi tim peringkat ketiga Napoli untuk memperebutkan satu tiket terakhir ke Liga Champions.

        Skenario itu akan membawa Juve, yang menjamu Bologna, unggul 11 angka dengan empat pertandingan tersisa, dan pesta-pesta perayaan gelar juara pun sudah dapat mulai dipersiapkan.

        Bagaimanapun, pelatih Roma Rudi Garcia, menolak untuk melempar handuk, "Kami bermain di Florence dan di atas kertas ini merupakan pertandingan yang sulit, sedangkan Juve terlihat memiliki pertandingan yang lebih mudah."

   "Namun Anda tidak pernah tahu... sama seperti kelihatannya tidak ada kejutan-kejutan lagi, ketika hal itu ternyata terjadi. Sepanjang masih ada kehidupan, masih ada harapan."

   Komentar-komentar Garcia pada Rabu keluar sehari setelah upaya banding klub terhadap skors tiga pertandingan terhadap Destro mendapat penolakan.

        Penyerang 23 tahun itu mengemas trigol saat Roma menang 3-1 di markas Cagliari pada 6 April, namun setelah lolos dari hukuman karena meninju bek Cagliari Davide Astori dari belakang, ia menjadi orban dari persidangan televisi menyusul permintaan komisi disiplin federasi.

        Destro akan kembali bermain di liga ketika Juve mendatangi markas Roma pada 9 Mei pada satu pertandingan sebelum pertandingan terakhir di musim ini - yang kemungkinan saat itu sang raksasa Turin sudah mengamankan gelar liga.

        Semua pertandingan pada akhir pekan ini akan dimainkan pada Sabtu karena pada Minggu terdapat perayaan Paskah, dan dengan Juve serta Roma yang telah mengantungi dua tiket lolos otomatis ke Liga Champions, Napoli memiliki dua kekhawatiran.  
   Kekhawatiran pertama adalah menahan Fiorentina, yang berada di peringkat keempat dengan selisih sembilan angka, sambil berharap Gonzalo Higuain, yang berada di urutan ketiga daftar pencetak gol liga, tertinggal dua gol dari koleksi 19 gol penyerang Torino Ciro Immobile, segera pulih dari cederanya saat berlatih.

        Higuain merupakan satu dari dua pemain Argentina yang mengincar gelar pencetak gol terbanyak, di mana urutan kedua daftar itu dihuni Carlos Tevez dari Juventus (18 gol), namun ia diragukan dapat tampil saat mengunjungi Udinese pada Sabtu setelah ia meninggalkan latihan lebih cepat pada Kamis karena cedera kaki kiri.

        Mantan penyerang Real Madrid itu akan menjalani beberapa pengujian pada Jumat, sehari menjelang pertandingan berat yang akan dijalani timnya.

        Pertandingan tandang terakhir Napoli berakhir dengan kekalahan mengejutkan 0-1 dari tuan rumah Parma, sedangkan Udinese hanya mampu memberi sedikit perlawanan saat takluk 0-2 dari Juventus pada Senin.

        Pertarungan untuk posisi-posisi Liga Europa akan memiliki signifikansi khusus pada akhir pekan ini, di mana beberapa kandidat berhadapan satu sama lain.

        Parma, Torino, Milan, dan Lazio semuanya terpisah antara satu sampai lima angka dengan tim peringkat kelima Inter.

        Inter bertandang ke Parma, Lazio menjamu Torino, sedangkan AC Milan menjamu Livorno yang masih berjuang meninggalkan zona degradasi.

        Livorno akan terbantu dengan setidaknya raihan satu angka saat melawan pasukan Clarence Seedorf, dan kekalahan bagi Bologna, yang menguni peringkat keempat dari bawah, di markas Juventus.

        Penampilan Milan saat ini memperlihatkan bahwa mereka memiliki masalah mendalam saat mereka menjalani musim terburuknya di era modern, yang terlihat seperti skenario yang tidak diinginkan.

        Pelatih Juve Conte, pernah berkata bahwa timnya tidak akan mengangkat kaki dari pedal gasnya untuk saat ini. "Kami tahu Roma tidak menyerah dan meski kami berada di depan, kami harus memiliki sikap yang sama."   

   Jadwal pertandingan Liga Italia:
   Sabtu
   Atalanta vs Verona, Catania vs Sampdoria, Chievo vs Sassuolo, Genoa vs Cagliari, Lazio vs Torino, Milan vs Livorno, Parma vs Inter, Udinese vs Napoli (semua dimainkan pukul 13.00 GMT), Juventus vs Bologna (16.30), Fiorentina vs Roma (19.00)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014