Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, sebagian besar wilayah Bengkulu 12 jam ke depan cerah berawan.

"Ada sembilan kabupaten kota diprakirakan cerah berawan, sedangkan satu kabupaten tetap turun hujan," kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rosyidah, Rabu.

Ia menjelaskan, kesembilan daerah terjadi berawan itu adalah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma dan Kabupaten Rejang Lebong.

Selain itu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, sedangkan Kabupaten Lebong terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, katanya.

Suhu udara dari kesembilan kabupaten/kota itu berkisar antara 23-32 drajat celcius dan kelembaban berkisar 55-95 persen, sedangkan suhu udara di Kabupaten Lebong antara 21-30 drajat celcius dan kelembaban antara 66-96 persen.

Dari Citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Sumatera Utara, Barat dan Selatan, dan Samudera Hindia Barat Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 05 - 28 kilometer perjam atau berkisar 03 - 16 knots.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di Perairan Bengkulu berkisar antara 1,5 hingga dua meter, lebih tingi dari sebelumnya rata-rata 1,5 meter.

Angin di Perairan Bengkulu bertiup dari Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan antara 03-16 knots dan angin di  perairan Enggano bertiup dari Barat daya hingga utara dengan kecepatan antara 05-17 knots.

Sedangkan angin di Perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari Barat daya hingga Barat laut dengan kecepatan antara 07-18 knots, jelasnya. (Z005/F002)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012