Sejumlah pemuda warga Kampung Jenggalu Kito Kota Bengkulu membangun edukasi ekowisata mangrove guna menarik minat wisatawan luar wilayah Bengkulu untuk mengetahui lebih dalam tentang tanaman mangrove.

Pembina Kampung Jenggalu Kito, Rifi Zulhendri di Bengkulu, Rabu mengatakan bahwa pembuatan wisata berbasis edukasi di Bengkulu sebab wisata edukasi di Bengkulu jarang ditemui.
 
"ide untuk membuat wisata berbasis edukasi di Bengkulu ini timbul dari melihat banyaknya wisata di Bengkulu yang hanya difokuskan untuk rekreasi," kata Rifi.
 
Pembangunan edukasi ekowisata mangrove tersebut didukung oleh warga setempat untuk mengembangkan wisata berbasis edukasi.
 
Selain menawarkan berbagai jenis mangrove yang telah tumbuh dan menahan deras arus pantai, di wisata Kampung Jenggalu nantinya juga akan mengenalkan wisatawan dengan proses tumbuh nya mangrove.
 
Seperti awal masa pembibitan mangrove berbagai jenis hingga perawatan bibit mangrove yang telah ditanam agar dapat tumbuh dengan baik.
 
Lanjut Rifi, wisata mangrove tersebut juga sebagai edukasi terhadap wisatawan mengenai mitigasi bencana dan ditargetkan edukasi ekowisata mengrove ini dapat menarik wisatawan luar negeri, domestik maupun lokal.
 
Melalui edukasi wisata mangrove dapat menjadi wisata yang memberikan edukasi serta juga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Bengkulu khususnya warga sekitar Kampung Jenggalu Kito.
 
Untuk biaya pembangunan edukasi ekowisata mangrove berasal dari swadaya masyarakat sekitar lokasi dan berharap kedepannya pemerintah dapat membantu mengembangkan edukasi wisata tersebut.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022