Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disambut dengan arak-arakan menggunakan kain tapis khas Kabupaten Pesisir Barat menuju acara pembukaan Kejuaraan Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Krui Pro 2022.

Pengunjung terlihat antusias untuk melihat kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan saat memasuki acara pembukaan Kejuaraan Selancar Dunia atau WSL Krui Pro 2022.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa kejuaraan selancar dunia atau WSL Krui Pro 2022 merupakan upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Bupati Pesisir Barat datang langsung ke Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk meminta dukungan kejuaraan ini," kata Sandiaga Uno, di Tanjung Setia, Pesisir Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan kejuaraan ini dapat membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Ia mengatakan ada beberapa kegiatan pariwisata salah satunya Krui Pro 2022 yang memiliki spot terbaik di dunia.

Menurutnya, ada 250 peserta dari 17 negara yang mengikuti kejuaraan selancar dunia dan membuktikan menjadi daya tarik tersendiri.

"Kejuaraan ini juga membuka peluang tenaga kerja dan tatanan ekonomi baru," katanya.

Karena itu ia mengharapkan kegiatan ini akan terus berlangsung setiap tahunnya dan meningkat menjadi Krui Pro QS10.000.

"Mari kita dukung atlet Indonesia untuk bertanding di sini pada WSL Krui Pro 2022," kata Sandiaga Uno, di Pesisir Barat, Sabtu.

Ia juga mengatakan bahwa atlet Indonesia yang sedang bertanding pada kejuaraan selancar internasional di Krui Pro 2022 ini akan dipersiapkan guna mengikuti Olimpiade Paris mendatang.

"Untuk itu perlu dukungan dari semuanya agar tumbuh atlet-atlet selancar lainnya," kata dia.

Ia mengungkapkan rasa syukurnya, sebab ajang Krui Pro 2022 dapat digelar karena Pantai Tanjung Setia merupakan lokasi terbaik dari tempat surfing yang ada di dunia.

"Selamat datang peserta lomba dan nikmati keindahan pantai yang indah di Provinsi Lampung ini. Ini tempat terbaik berselancar di dunia. Tapi bukan biasa-biasa saja tapi yg terbaik," kata dia.

Oleh sebab itu, kata dia, wisata yang ada di Pesisir Barat ini perlu dikembangkan lagi agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Mari Kita perkenalkan destinasi ini karena bentangan alam ini tinggal dijaga dan dikemas, jadi menarik wisatawan domestik maupun dunia bisa datang," kata dia.

Pewarta: Agus Wira Sukarta

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022