Empat gol dari penyerang berusia 17 tahun Hokky Caraka mewarnai kemenangan Indonesia dengan skor 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin malam.

Selain Hokky, gol lain timnas Indonesia dilesakkan oleh Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri dan Alfriyanto Nico.

Hasil tersebut membuat Indonesia menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022, dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Vietnam yang berpoin sama harus tergeser ke peringkat ketiga karena kalah selisih gol dari Indonesia. Adapun Thailand bertengger di puncak dengan enam poin dari dua pertandingan, lalu Myanmar keempat, diikuti Filipina dan Brunei Darussalam di peringkat terakhir.

Pada laga versus Brunei Darussalam, Indonesia yang berseragam merah-putih bermain agresif sejak menit awal.

Hasilnya, pada menit kedua, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong membuka skor melalui tendangan Hokky Caraka yang memanfaatkan umpan Kakang Rudianto.

Sepuluh menit kemudian, giliran Ronaldo Joybera Kwateh menunjukkan tajinya dengan sepakan yang berbuah gol kedua bagi skuad "Garuda Nusantara".

Pada menit ke-15, Hokky lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor usai mengeksekusi kemelut di kotak penalti lawan.

Hokky, pemain jebolan Garuda Select, menorehkan trigol pada menit ke-19. Kakang kembali menjadi pengirim "assist" untuk gol keempat Indonesia itu.

Indonesia mengunci dominasi atas Brunei Darussalam pada babak pertama melalui gol tambahan dari Arkhan Fikri (20') dan gol keempat Hokky (45+1'). Indonesia pun unggul 6-0 sebelum turun minum.

Setelah jeda, pelatih Shin Tae-yong mengganti pemain andalannya seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dan Arkhan Fikri.

Strategi itu membuat intensitas tekanan Indonesia menurun.

Tim "Garuda Nusantara" pun hanya mampu menghadirkan satu gol pada babak kedua dari sumbangan Alfriyanto Nico pada menit ke-61.

Tak ada gol tambahan setelahnya. Indonesia menutup pertandingan itu dengan kemenangan telak 7-0.
 

Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong (kanan) dan penyerang sayap skuadnya Ronaldo Joybera Kwateh memberikan keterangan dalam konferensi pers usai pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 kontra Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7). Laga itu berakhir dengan skor 7-0 untuk kemenangan Indonesia. (Michael Siahaan)



Komentar pelatih

Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa skuadnya masih perlu berbenah meski mereka menundukkan Brunei Darussalam dengan skor telak 7-0 pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin malam.

Menurut Shin, skuadnya menunjukkan beberapa kelemahan dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, itu, terutama ketika terjadi pergantian beberapa pemain pada babak kedua.

"Pada babak kedua, setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak seperti babak sebelumnya. Selain itu, konsentrasi juga menurun," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut usai pertandingan.

Akan tetapi, setelah adanya rotasi, performa skuad berjuluk "Garuda Nusantara" tak lagi seganas paruh perdana laga. Mereka pun hanya berhasil melesakkan satu gol tambahan lewat Alfriyanto Nico.

Meski begitu, Shin menolak anggapan yang menyebut bahwa kualitas pemain pada babak pertama dan kedua berbeda. Dia juga tak mau memberikan cap "tim inti" dan "tim cadangan" di skuadnya.

"Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di tim. Itulah kenapa di sini tidak ada pemain inti atau cadangan," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Penyerang sayap timnas U-19 Indonesia Ronaldo Joybera Kwateh mengakui bahwa masih banyak yang perlu ditingkatkan dari dia dan rekan-rekannya.

Ronaldo pun berjanji akan tampil lebih baik pada pertandingan berikutnya kontra Thailand, Rabu (6/7).

"Ada beberapa kekurangan yang mesti dibenahi. Semoga kami bisa memperbaikinya agar kami mendapatkan hasil yang baik saat menghadapi Thailand," kata pesepak bola berusia 17 tahun itu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Empat gol Hokky warnai kemenangan 7-0 Indonesia atas Brunei Darussalam

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022